Membuat Media Interaktif dengan Flash

Perhatian: latihan ini khusus bagi pemula (seperti Saya 8) ), bagi yang sudah expert diharapkan untuk memberikan yang lebih dari ini.

Pernah liat program/animasi yang menarik, interaktif, keren? Saya 68% yakin itu dibuat menggunakan flash. Tidak percaya? memang itu hanya dugaan Saya saja :P. Tapi bukan tanpa alasan, boleh dikatakan flash menawarkan kemudahan dalam pembuatan bermacam media interaktif, kali ini kita ambil contoh membuat company profile. perlu dicatat, bahwa company profile disini dapat anda ganti dengan CD interaktif, CV (curriculum vitae), portfolio, presentasi, atau apapun namanya. Prinsipnya kita akan membuat sebuah media/aplikasi yang interaktif seperti web tetapi lebih banyak animasinya.

Buat yang masih bingung seperti apakah media interaktif itu, silahkan lihat aplikasi tour windows XP: klik start menu>all programs>accessories>tour windows xp (pilih yang animated tour!). Sesudah animasi berjalan beberapa lama dan sudah puas mengklik sana-sini, cobalah iseng-iseng klik kanan, akan kita dapati keterangan yang menyatakan bahwa aplikasi tour windows XP ini dibuat dengan flash. (yang ga punya windows XP, silakan coba di kompie teman masing-masing). Nah, bagaimana sekarang, tertarik untuk bisa membuat yang seperti itu? mudah…

Pertama-tama pastikan pada komputer anda telah terinstall aplikasi flash (ya iyalah…) boleh Flash MX (Flash 6), Flash MX 2004 (Flash 7), Flash 8, Flash CS3 (Flash 9), dan sebagainya. Kita akan lebih banyak teknik animasi dengan script yang sederhana saja, karena ini untuk umum.

Siapa yg perlu membuat media interaktif?

Siapapun yg baru kenal flash, dan ingin membuat sesuatu yang berguna, yg sedang mencari aplikasi presentasi yg lebih bisa diutak-atik daripada PowerPoint, yg sedang mencari aplikasi pembuat aplikasi yg mudah membuat desain yg menarik, akademisi/praktisi yg ingin membuat publikasinya dalam bentuk aplikasi media interaktif, siswa SMP/SMA atau mahasiswa yg ingin membuat aplikasi/presentasi dengan desain yg menarik, guru2 yg ingin mencoba metoda baru, mengajar interaktif (halah. dimana-mana mah ngajar pasti interaktif)…bukan..maksudnya ingin membuat metoda penyampaian yg berbeda dari sekadar menulis di papan tulis, perusahaan maupun personal yg ingin meningkatkan brand imagenya dengan membuat profile interaktifnya yg didistribusikan ke berbagai tujuan, Anda…ya… Anda!, atau siapapunlah yg sedang iseng-iseng aja :roll:

Baiklah, langsung kita mulai saja…..

1) Tentukan konsep desain

Jangan sampai terjadi ketika sudah berhadapan dengan komputer kemudian bengong, eeuu….(dengan gaya patrick :lol: ). Jadi buat dulu konsepnya! sebenarnya kita mau buat apa, apa saja content yang akan disajikan, kemudian bagaimana menampilkannya pada user, dan seterusnya. pikirkan hal-hal ini kalau perlu dicatat, kemudian susun rancangan menu-menunya menjadi semacam hierarki. semua digambarkan dalam bentuk sketsa di kertas (rileks, bebaskan pikiran, kemudian buat sketsa sebebas-bebasnya, sekali-kali selingi dengan minum supaya kita tetap fresh), akhirnya simpanlah kertas sketsa kita, inilah yang akan menjadi rujukan pembuatan company profile yang akan kita buat. Adapun untuk latihan sekarang kita pakai rancangan Saya dulu, seperti apa? mari ikuti…

2) Beberapa cara umum, secara umum

ada banyak cara dalam menggabungkan kesemuanya, setidaknya ada 3 cara yang umum digunakan:

[peringatan: cara-cara di bawah ini hanya subjektifitas penulis saja, belum tentu benar]

Cara 1:

File flash dibuat dalam satu file saja dengan tipe projector –aplikasi .exe karena flash playernya sudah built-in sehingga untuk menjalankannya kita tidak perlu flash player.

Keuntungan dari cara ini adalah lebih praktis terutama jika contentnya hanya sedikit, besar file berkisar antara 1-3 MB sehingga relatif mudah kita kirim atau e-mailkan kepada orang lain tanpa perlu khawatir apakah di komputer orang tersebut ada flash player atau tidak.

Sedangkan kekurangan dari cara ini adalah jika kita membuat aplikasi yang kompleks dengan content yang bermacam-macam, maka ketika menjalankannya pertama kali akan lebih berat disebabkan meskipun kita hanya menjalankan sebuah bagian (misalnya intronya saja), tetap saja kan kita perlu me-load 1 file utuh.

Cara 2:

File flash dibuat per bagian-bagiannya dengan 1 file induk yang menyatukan semuanya. Jadi masing-masing bagian dan sub-sub bagian dipisah menjadi file .swf tersendiri (begitu juga dengan file-file gambar seperti jpg dipisahkan sendiri) kemudian ditambah sebuah file ‘Loader’ –file inilah yang menjadi file utama yang kemudian memanggil file .swf-.swf atau file-file lain dari bagian project kita.

Keuntungan menggunakan teknik ini adalah ketika kita membuat sebuah project dengan content yang kompleks, maka cara ini lebih ringan. Karena file yang perlu dibaca oleh komputer hanya bagian yang diload (ingat tiap bagian mempunyai .swf yg terpisah) berbeda dengan cara pertama tadi. ini juga prinsip kalau kita membuatnya di web, yang perlu didownload hanya bagian swf yg berhubungan saja. coba kalau semuanya digabung dalam 1 file, nanti di sebuah warnet yg lemot yg muncul tulisannya malah: now loading, 1% of 9MB, time remaining 59 minutes :D
Kekurangannya adalah dalam distribusi (CD misalnya) kita perlu mengemasnya sedemikian rupa agar orang yang melihat file-file tersebut tidak bingung (bayangkan: melihat banyak file .swf, .jpg, .exe, mana yang harus saya klik?) dan dengan mudah mengklik file ‘Loader’-nya.
Pintar2 mengemasnya saja, untuk CD biasanya Saya membuatnya autorun secara otomatis+petunjuk readme.txt yang berisi penjelasan jika CD tidak berjalan otomatis bla…bla…bla…

Tambahan cara membuat autorun di CD:

– buka notepad

– ketik:

[autorun]
open=namaFile*.exeYangMauDiJalankanOtomatisPadaCDnya
icon=namaFileIkon*.icoYangMauDijadikanIkonPadaCDTersebut
contoh:
[autorun]
open=mySalman.exe
icon=mySalman.exe
– klik save as

– pilih ‘save as type’-nya all files (jangan txt!) kemudian beri nama autorun.inf (namanya harus autorun + ekstensinya harus inf, tapi aturan penulisan windows tidak case-sensitive, jadi nyantai aja…)

– copy-kan file autorun.inf ke CD tersebut (perhatian: file autorun.inf harus berada di root utama CD tersebut, sedangkan file .exe yg diautorun boleh setara dengannya atau di folder bawahnya)

Cara 3:

Menggunakan template. ada tersedia berbagai macam template flash di dunia ini, pabalataklah pokoknya, kita bisa mendapatkannya dengan berbagai cara. mulai dari download yg gratisan, melakukan reverse engineering seperti mendecompile sebuah file swf punya orang (jika yang didecompile sebenarnya berbayar, cara ini tidak begitu dianjurkan), bikin template sendiri, sampai ke meminta bantuan orang untuk membuatkannya (nah kalau ini sangat boleh, jangan lupa komisi-nya ya :P ).

bersambung…

.

.

.

.

Update (20 Juni 2007): Tadi malam Saya sudah mencoba membuat prototypenya, ini yang mungkin akan Saya berikan step-by-stepnya. berikut ini screenshot dari latihan membuat media interaktif dengan flash

skrinsyut.jpg

Tidak diperlukan waktu yang lama untuk membuatnya, aplikasi yg diperlukan pun hanya Flash saja, adapun untuk iconnya Saya buat dengan teknik tracing (cara ini Saya dapat dari Andre). Bagi yang mau source fla-nya (cuman bisa dibuka minimal dari Flash 8…) bisa diunduh di http://www.box.net/shared/5op0lm8cos

bersambung…:) insyaAllah akan Saya update lagi….

———————————————–

Update 2 (25 Juni 2007): Membuat Media Interaktif (dengan cara 1) –> klik disini

fl03.jpg
———————————————–

Update 3 (28 Juli 2007): Membuat Autorun & tampilan menunya –> klik disini

automenu.jpg

———————————————–

Update 4 (30 Oktober 2007): Template2 flash gratisan buatan saya –> klik disini

f4154lman_template_flash_001_preview.jpgf4154lman_template_flash_002_preview.jpg

———————————————–

Update 5 (20 Desember 2007) Animasi Preloader Flash -> klik disini

preloader.jpg

———————————————–

Update 6 (19 Januari 2008) : Template gallery -> klik disini

flash005.jpg

———————————————–

Update 7 (10 Februari 2008) : Nambahin klik kanan di Flash -> klik disini

 

klikkananhack.jpg

———————————————–

Update 8 (15 Februari 2008) : FlashPaper: Convert Office ke SWF -> klik disini

conto.jpg

———————————————–

Update 9 (18 Februari 2008) : Template Presentasi Flash -> klik disini

templatepresentasiresize1.jpg

———————————————–

Update 10 (2 Desember 2008) : Pinguin Joged -> klik disini

joged

———————————————–

21 Desember 2008 : Buat Animasi Jam Analog dan Digital dengan Flash

hasil akhir

———————————————–

11 Mei 2009 : Load External Variables dengan ActionScript

———————————————–

19 Juni 2009 : Ganti Kursor Mouse di Flash dengan yang Unik2

———————————————–

12 Oktober 2009 : Menyisipkan Video Eksternal Pada Flash Menggunakan Component FLVPlayback

———————————————–

18 Oktober 2009 : Memanfaatkan Fitur Drawing API Pada Flash

———————————————–

19 Oktober 2009 : Typewriter Effect dengan ActionScript 2.0

———————————————–

22 Desember 2009 : Load External JPGs dengan Method loadMovie()

Tampilan akhir

———————————————–

24 Februari 2010 : 12-Pas-12-Pas-an

Bersiap untuk menendang

———————————————–

15 April 2010 : Buat Aplikasi MP3 Player Sederhana dengan Flash+AS2

———————————————–

catatan: bagi Anda yg sudah membaca artikel ini Saya persilakan untuk memberi comment di bawah. kemudian, bagi para pembajak artikel-artikel saya harap setidaknya cantumkan juga link kesini !

218 thoughts on “Membuat Media Interaktif dengan Flash

  1. iya, saya baru mau buat langkah-langkahnya. untuk sementara pelajari dari sourcenya aja dulu. klo ada yg salah tlg kasitau :) blom ada beta testing…

  2. Bukankah kalo semacam itu lebih sempurna jika menggunakan Marcomedia Director?
    Hampir sama dng Flash. Dulu pernah belajar dikit2. Tapi justru flash aku malah gak bisa sama sekali :( btw, buku yang bagus untuk mempelajari Flash apa ya?

  3. @ agam

    Bukankah kalo semacam itu lebih sempurna jika menggunakan Marcomedia Director?

    :D ketauan deh… Saya memang cuman bisa make Flash, pernah juga ingin nyobain director (dikasitau seorang teman katanya memang mirip flash dan bisa bikin simulasi 3D dengan impor 3DsMax lagi, weh keren juga) tapi ngga dapet installernya darimana (sebenernya bisa sih… tapi ya…males, karena sudah cukup puas dengan flash dan ingin mengeksplor lebih jauh lagi). kapan-kapan ingin nyoba juga biar open mind.

    btw, buku yang bagus untuk mempelajari Flash apa ya

    ngga tau klo buku mah…. download aja segala macem e-book tentang flash dari internet :) Alhamdulillah… beruntung kuliah disini, tapi ya… konsekuensinya baca e-book itu nggak seenak baca buku hihihi

  4. Assalamualaikum akhi,

    Kalo ada project flash profesional, kira-kira ‘biasa’nya berapa? :)

    Kalo project kepanitiaan yang antum tergabung di dalamnya bisa gratisan kan? hehe..

    Siap-siap buat bikin flashnya PMB n Ramadhan ya.. Minimal CD Gamais tentunya. :)

  5. Waalaikumsalam Kang,

    Kalo ada project flash profesional, kira-kira ‘biasa’nya berapa? :)

    ‘biasanya’ satu-satu aja ngerjainnya, soalnya ga mungkin sekaligus banyak :P *becanda* komisinya ya maksudnya? tergantung…

    Kalo project kepanitiaan yang antum tergabung di dalamnya bisa gratisan kan? hehe..
    Siap-siap buat bikin flashnya PMB n Ramadhan ya.. Minimal CD Gamais tentunya. :)

    Proyek cd interaktif flash buat 2007 itu yang ngerjain sekarang anak-anak 2006, dan biasanya sih ngga gratis :) kasian mereka yang ngerjain (meski tahun kemarin pun ga begitu besar…)

  6. wah, bagus2…terusin nulis nya.
    tapi sayangnya layout blog mu ini kok agak sempit yah, jadi susah baca nya ^_^

  7. @ btyop
    ya, akan saya teruskan.
    layout blog yang aneh ini sebenarnya sengaja, biar lain-dari-yang-lain :P jadi semua yang mengunjungi blog dengan desain aneh ini ingat akan Saya :D
    desain aneh=Faisalman

  8. umm…sebenarnya klo mo biar inget mah asal isi blog kamu lain dari pada yg lain + banner yg khas udah cukup kok.

    Klo baca nya ga nyaman kan males juga :(

  9. mau tuh belajar. harus ada software apa sih. gini nih jadinya kalo kuliah MI ga kelar. ketinggalan jadinya. thanks udah buka blog padat ilmu gini. mau numpang foto tapi ga tahu caranya neh

  10. mau tuh belajar. harus ada software apa sih.

    sesuai judulnya, software yg dipakenya Flash…

    gini nih jadinya kalo kuliah MI ga kelar. ketinggalan jadinya.

    mmh kuliah MI yg disuruh bikin program itu, kalau pakai flash tampilannya bisa jd keren (beda sama yg pakai visual basic :) hehehe)

    thanks udah buka blog padat ilmu gini. mau numpang foto tapi ga tahu caranya neh

    sama2 kk… mau numpang foto? bikin blog di wordpress.com dulu atau upload avatarnya di gravatar

  11. wah saya sangat beruntung bisa mendapatkan artikel
    ini.Kenapa?karena saya ingin belajr membuat media interaktif,yang saat ini dibutuhkan dimana-mana.terima kasih atas tutorialnya.saya berharap sering-sering mengeluarkan artikel seperti ini,supaya indonesia maju karena bangsanya saling membantu sesamanya.

  12. Wah,tenkyu banget lah (tutorial ama source .fla-nya),kalo bisa lain kali ajarin donk bikin animasinya yang berbentuk kartun gitu,ok..ditunggu loh.

  13. assalaamu’alaikum …

    weh nyasar di tempat yang benar nih …
    pass dengan yg saya cari.
    makasih ya mas sharenya :)

    salam kenal :)

  14. Mas file flanya gx bisa dibuka di com aq, aq pake macromedia flash MX 2004,
    dmn mas linknya flash 8……
    biar file flanya bisa dibuka,…
    Makasih ya mas

  15. Makasih atas sarannya, btw bljr script2 flash dmna ya, aq msh awam seh boz, pas liat tutor flash mas, waduh gw kepincut…. pgn bljr flash, semoga ada tutor brikutnya aq nantikan heheheee…
    Makasih Boz….

  16. wah sy jg bingung dmn… soalnya ada banyak sekali di internet ini tutorialnya, pabalataklah…
    ini jg lg bingung mau nulis apa lagi 8O ada saran?

  17. @fiQa
    wah keren tuh, adek bayi bisa donlot file :mrgreen:
    supaya bisa autoscroll, itu tipe textnya harus dynamic text (lihat di properties textnya), terus isi bagian var-nya dengan nama tertentu, terus drag component scroll dari panel component ke stage, isi targetnya nama var text tadi. selesai. 8)

  18. Makasih buta info yang diberikan cara bikin media interaktir ini….

    cara cepat untuk belajar bikin ini yg cepet cari dimana???….

  19. nah ini neh yg aku cari buat pencerahan di bidang flash :)
    aku boleh minta tolong cara membuat navigation flash gak brow?
    mohon di email kalo ada kesediaan brow. butuh pencerahan
    karena aku hoby meng-edid layout fs, sampay saad ini aku masih buta di bidang flash
    mohon bimbingan dan bumbu bumbu awalnya brow :)

    sebelumna makasih ya brow :)

  20. nah ini neh yg aku cari buat pencerahan di bidang flash :)
    aku boleh minta tolong cara membuat navigation flash gak brow?
    mohon di email kalo ada kesediaan brow. butuh pencerahan
    karena aku hoby meng-edid layout fs, sampay saad ini aku masih buta di bidang flash
    mohon bimbingan dan bumbu bumbu awalnya brow :)

    edited :
    maaf link fs yang aku kasih salah brow
    udah aku edit lagi neh
    hehehehe
    maaf

    sebelumna makasih ya brow :)

  21. saya mau tanya bagaimana caranya mengedit flash yang bentuk teks dan mau menambahkan gambar? terima kasih

  22. @cleio
    navigation untuk layout FS?
    mmmm… belom pernah coba, nggak kepikiran :D
    btw, link FS-nya koq privat :P. saya gak bisa liat… -__-

    @santi
    ngedit teks: pake text tools (ada di toolbar bagian kiri), atau.. double klik aja teksnya @_@
    nambahin gambar: file>import>import to library>pilih gambar yg mau diimport>ok>drag gambarnya ke stage (layar) dari library. atau cara gampangnya drag aja dari explorer ke stage flash (atau copy paste).
    masukin video flv ke flash: dari panel component, drag component untuk player video ke stage, terus klik component yg di stage (layar) tadi, lihat propertiesnya, di bagian parameter ketik path relatif swf ke flv-nya.

  23. saya mau tanya bagaimana cara memasukkan sound dan memvariasi warna background agar tiap layer berbeda

  24. @santi
    sederhana aja, buat aja masing2 dalam movie clip sendiri… ;)

    @yadie
    mudah2an artikel yang ada disini sedikit banyak bisa membantu ya :P.

  25. mas saya masih kurang mengerti cara masukin soundnya, saya masih pemula banget dan belajarnya autididak

  26. assalamualaikum

    mas Faisal
    mas bisa tolongin aq ga? gini ni,aq mao bwat website yg pengunjungnya ama yg bwat bisa omong2an kayak gini,caranya gimana mas? maksudnya biar pengunjung bisa ngasi kritik ato saran gitu.Tolong bantuannya. o iya satu lagi makasih ya soal tips “tracingnya” aq ga kepikiran tuh,berguna bgt tuh bwat aq.
    thx
    wassalam.

  27. @santi
    hmm.. sebenarnya banyak sekali situs-situs tutorial lengkap tentang flash,
    yang terkenal misalnya: flashkit.com, actionscript.org, tutorialized.com, dan ratusan situs lainnya :D

    @Idzar
    waalaikumsalam
    blog ini pake engine WordPress, kalau punya web sendiri bisa download aja WordPress 2.5 di http://wordpress.org terus ekstrak +upload ke public_html webnya.
    asal server webnya mas Idzar support PHP dan mas Idzar punya akun MySQL databaseserver webnya.
    terus masalah setting-settingnya nggak sampe 5 menit koq hehe ;)

    @kangmas
    sip lah.. 8)

  28. Ah mas ,jangan panggil mas dong aq masih SMP bentar lagi ujian UN.tp aq masih bingung mas bisa kirim aja ke email q yg lebih jelas ga?
    thx atas balasannya

  29. Ah mas Faisal ,jangan panggil mas dong aq masih SMP bentar lagi ujian UN.tp aq masih bingung mas bisa kirim aja ke email q yg lebih jelas ga?
    thx atas balasannya

  30. Ah mas Faisal,jangan panggil mas dunk aq kan masih SMP panggil dek aj ato apalah,oh ya aq masih bingung nii bisa kasih yg lebih jelas ga? kirimin ke email ku aja bisa ga? soalnya butuh nii. thx ya atas jawabannya.

  31. mas aq masih puuusiiiingg banyak banget caranya sih aq ud bkn akun d MySQL truz donlot mysql-5.1.23-rc-win32 lama bgt,abis itu donlot wordpress 2.5,trus googling nyari cara bikin database MySQL katanya harus donlot lagiklo g salah XXAMP aq jd tambah bingung.truz aq baca readmenya wordpress 2.5,system recomend nya suruh pake PHP 4.0 ATO YG PALING BARU.PPPUUUUUUUSSSIIIIIIING
    I NEED HELP………..!!!!!!!!
    bisa kasih cara yg mudah g mas faisal……????????
    pliiiiiisss
    dah mo pecah ni klapa eh kepala

  32. mas saya mau tanya, setelah memasukkan video, bagaimana caranya kita membuat button tanda play untuk memainkannya, jadi video tersebut akan berjalan apabila kita mengklik tombol playnya ?

  33. Waaahhh…keren
    Setelah nyasar selama satu hari
    Akhirnya saya nemuin juga tutor flash yang saya inginkan
    Thx and slm knl yaa….mampir dunkz ke blog saya….:D

  34. oiya…nih mas, punya e-booknya gak….
    biar lebih enak baca tutornya mending dipaketin e-book aja mas…
    change link yaa…

  35. Saya dah donlot smuanya…tararengqyue yach mas.

    Oiya neehh…Saya lagi punya majalah eh.. masalah nih mas gininih…
    Saya khan lagi bikin project presentasi pembelajaran sama portofolio online, naaah..kendalanya adalah…, tau gak mas cara biar flash ntoe bener2 pulskrin — kayak porto di http://www.orangedan.net — trus biar sizenya tuh ga GD kalo GD kan bikin lambat.

    Ok segitu aja ye mas. thx lagi sblmnya.
    and tolong donk mas kasi tutor ama file referensinya buat bikin web flash yang ada spessial effectnya biar waaahh…kecek2 juga ga papah. :-)

  36. @idzar
    panggil apa kl gt? om? :D
    cara yg paling mudah: buka wordpress.com, daftarin akun, aktivasi lewat email, jadi deh blog sendiri..

    @santi
    pake component untuk video, tinggal isi parameter componentnya dengan nama file videonya. component biasanya ada di panel sebelah kanan, kalo gak ada buka aja dari menu window>component

    @lepinter
    yup, sama2, somehow ku lagi gak semangat bwt tutorial flash..
    biar pulskrin pake actionscript: fscommand(“fullscreen”,true);
    biar sizenya gak GD ya gambar2, suara2, atau video2 jangan diembed di satu flash mending dipisah-pisah aja jadi bagian-bagian tersendiri
    mudah2an mbantu 8)

  37. mas, keren bgt artikelnya. Kebetulan saya kuliah, jadi sering sekali buat presentasi,tp biasanya saya cuma pake power point, puny sih flash 8, swist max juga ada.tp g ngerti bgt cara buatnya, karena sy msh smtr muda, jd dikampus blm dpet praktikumnya.
    Bisa gak, kalau g kberatan, di artikel mas disertakan contoh pembuatan flash presentasinya, mf merepotkan. Trims ya….

  38. @ana
    klo itu mah sama saya juga, iya doakan saja mudah2an kesampean 8)
    btw akhirnya ada jg yg mintanya dg baik2 :D *terharu*

  39. MET KENAL BRO..THANK’S BUAT TEMPALTESNYA… kebetulan gue suka ama php n flash , dan yang bikin bingung adalah gue pingin sekali bikin website dengan flash tapi ngambil database dengan php… ente bisa bantu ane bro….

    salam kenal,
    ipank…..

  40. ajarin dong , mo bikin tapi bingung databsenya gimana :s
    perlu databse ga ya?
    biar bisa di kembangin nantinya :p

  41. Kang, kalo caranya masukin video ke dalam flash gimana? Buat bikin tutorial flash gitu (yang pake video).

  42. Waaah… keren..
    Tp saya masih blm bisa cara ke 2 nih..
    Ajarin dong… makasih!

  43. saya ngak tau caranya mengganti icon flash yang sudah exe & tekan tombol Esc pada keyboard Flash langsung tertutup, kasi tau caranya dong………?

  44. Mas mas kalo ubah . swf ke exe flash supaya bisa di jalankan tanpa harus instal flash player gmana ya?
    help……………….!!!!!111

  45. @All
    hmm koq kesannya saya kek master Flash ya? hehehe.. 8)
    sebenrnya saya ini cupu loh, tulisan2 ini hanya menshare apa yang saya pernah buat.
    anyway, thx berat atas komentar2nya, jd motivasi yg baik buat saya terus ngapdet blog ini :D

  46. mas..
    gimana caranya membuat tombol di menu cd yang memerintahkan untuk mengcopy file atau folder dari cd ke direktory komputer (hard disk)……?????
    tahnks.. ya… mas f4154lman yang master tapi katanya cupu..

  47. muantaph boss..
    ane pemula, tp lumayan ngilmu jg berkat ente punya latihan..
    thanks berat y bro..
    biarpun masih bingung2 dikit, tapi tetep berjuang..

  48. assalamualaikum wr wb ….

    puasa telah tiba, tapi tugas kuliah juga tiba !! omg, saya presentasi lagi [curhat mode on].
    btw pakde faisal, sampeyan tau caranya link antara 1 flash dengan flash lainnya [masalahnya klo dimasukkan ke dalam 1 flash, scene yg ada bisa puluhan, dan aga ribet kalo mau diedit,misal scene 20 dan 21 udah jadi, trus ternyata ada tambaha di scene 20 dimana tidak cukup klo ditimpal di scene 20, terpaksa kan kita harus bikin 1 scene baru]

    begeto dulu pakde, oh yo skalian leq mau share ilmu denganmu secara privat [maksudte itu tutorial step by step membuat company profile] melalui email apakah pakde bisa dan mau ? mumpung saya smangat liat flash …xixixixi

    wassalamualaikum wr wb.

  49. halooo boz…
    sori ya sebelumny
    tp mas bs tlgin q g yg gi tersesat ini
    q tu gi nyari topik skripsi
    q pgn bkin sesuatu pake flash
    kira2 ap y
    q sih pny ide mw bikin buku tamu pake flash
    tp g bs
    q g bs koneksiny
    itu pake php y
    q dh cri tutor2, dh q coba tp tetep g bs
    gmn
    bs bantuin g
    makasih bgt yaw
    oy met lebaran yaw
    maap lahir batin

  50. ajarin w bikin upload button donk………….
    ama bikin submit button
    u kirim ke email w
    ok

  51. @ZAINAL
    hmm gmn yah? :? yg kepikiran sih caranya mirip seperti yg di tutorial buat autorun, jadi pakek file .bat yg nanti dieksekusi udah ada commandnya sendiri..
    F4154LMAN-MasterofCupu

    @joebedj
    sama2 boss.. thanks udah mau mampir disini :D

    @boljebol
    waalaikumsalam wr wb…
    omg juga. ;)
    iya emang ribet sih kalau buat flash yg gede dalam 1 file aja.. memang biasanya kalau kontennya banyak si swf-nya dipisah-pisah.. singkatnya, buat satu file loader dan sisanya bisa diload dengan action loadMovie() atau loadMovieNum().
    wah belum bisa euy, biasa orang sibuk 8)
    waalaikumsalam wr wb

    @MewmewPyuDumbdumb
    oh gitu ya, master 8O

    @eddy
    halooo juga anak buah.. :D
    iya dimaapin
    kembalilah ke jalan yg benar nak
    wah nyindir neh
    pingin bikin apa?
    macem2
    bisa juga, tapi serevolusioner apa si “buku tamu” ini?
    sama
    baru bisa bwt diary aja saia..
    hmm, mungkin..
    wah bagus2, semangat sekali nih kayaknya
    gmn y
    belum tau juga euy caranya
    iya sama2
    met lebaran juga
    sama2 boz..

    @mr.ius
    wah siapa ini, misterius sekali…
    mr.ius = misterious

  52. dengan ini saia nyatakEn bahwa saia telah mengoendoeh sebanjak moengkin hal2 bkaitan dengan Flash ini dari tempat pandjenengan, maturnuwun sanget !

  53. wah..thanks banget nih..kebetulan saya gy dapet kjob bikin flash interaktif..makasi banget yaaa…

  54. aduh,,,kaleresan yeuh!!??he
    mau juga dong master…aku mau blajar!!!ajarin nya!!!he
    di add ym na nya master!!?
    ameh gampang simkuring curhat na..hehe
    thanks sateuacana:D

  55. wah asyik nih ada yang bisa flash!
    aku ingin membuat animasi buat bikin media interktif pembeljaran gitu.
    pinginnya sih, buat animasi yang kalau dia di klik si gambar itu bergerak, tapi dalam satu background yang sama. misalnya nih…
    background nya itu di rumah, ruang tamu, ada meja ada kursi, pintu, dll.
    nah misal, pintu saat di klik dia terbuka trus ada tulisan gitu, terus balik lagi, dan itu terdapat dalam satu backround yang sama dengan animasi lainnya gimana ya..?

  56. @arwan
    segera masuk ke mana?

    @dhayat copral
    belum tau, pake local shared object bisa gk yah? atau digabungin sama php-mysql..

    @evan
    menyatukan frame gmn bro?

  57. Mas tolong donk…
    saya mau bikin flash saya jadi fullscreen itu scriptnya di taro di mana dan apa aja yg musti di tulis?

    lalu untuk mengaktifkan tombol exit scriptnya apa sih?

    tolong jawabnya di email ke saya. terima kasih

  58. saya bdk bisa belajar
    mintk tlg ya
    kamu udah buat flash nie kan
    boleh kasi sama sy
    bersama-sama dengan folder-folder yang ko create untuk hasilkan interaktif macam nie
    aku gak bisa buat walaupun kamu sudah mgajarnya
    benggamg gitu.hehehe
    nie email aku kasi semua yg ko buat ye dari 0-siap

  59. maaf boleh saya mengkopy beberapa file yang ada disini.untuk dijadikan bahan pembuatan skripsi.mohon dukungan dan share-nya.sekedar informasi.saya lagi menyelesaikan skripsi multimedia.

  60. tulisannya sangat membantu

    tapi ada satu pertanyaan yang timbul, “seberapa penting fungsi flowchart dalam mendesain media interaktif?”
    TQ

    kunjungi ulfiarahmi.wordpress.com

  61. @DL
    gampang aja, pake script fscommand

    untuk fullscreen:
    fscommand(“fullscreen”,true);

    untuk exit:
    fscommand(“quit”,true);

    @ieqah
    jah.. spammer.. -_____-

    @inda
    yyoi sawangsulna kang

    @oby
    T.H.X by

    @sha
    hehe saya pun tak begitu pandai cakap bahasa melayu..

    @yudi y krisna
    boleh atuh kang, donlud ajah sepuasnyah

    @ulfi
    oh iya ya.. bwt media interaktif kayaknya ada juga sih fungsinya flowchart, atau mungkin lebih mirip sitemap?

    @oby
    sekeren orangnya y? hehe :D

  62. kak mau nyanya nih…
    klo mau manggil file aplikasi (.exe) di macromedia flash 8 professional gmana kak caranya??
    saya udh coba pake script :
    on (release) {
    fscomand(“exec”,”oby.exe”);
    }
    truz file oby.exe-nya udh di taro subfolder fscommand…
    tapi tetep aja g bsa, truz gmana tuh??
    tolong kasih tau langkah2nya sm scriptnya dengan detail cz butuh bgt nie..
    thanks kak….

  63. slam kenal kk……

    emmm…. gini aku masi kls 3 smp(ha..ha.. mase kencur)
    gini, aku kan lagi belajar peke flash….. n biar optimalnya maunya sih lanjutinnya ke SMK tapi dipikir2 SMA lebih baek… cz bisa blajar lage…..

    nah… masalahnya…
    klo lanjutin ke SMA truz baru kuliah di jrsn IT ketinggalan ga materinya????
    btw kk2 skul SMA ato kejuruan????????………………………

    maaf nih melenceng…..

  64. @oby
    silakan baca artikel di blog ini yg judulnya “membuat autorun dan menunya sendiri”, pelajari bagian paling bawah 8)

    @godwind
    yah mw SMA atw SMK itu mah terserah pilihan aja, kl saya sih SMA (coz emang dl gk kepikiran SMK)..

  65. Hoy..lam kenal..
    Gimana c supaya tutorialnya kebuka di flash mx?
    pakenya flash brp?
    ditunggu jwanya y lwat email..TX

  66. wah langsung bookmark nih blog keren euy…

    mas kalo mau gabungin video dr camtasia trus pake player dr flash itu gimana gabunginya ? tahu ngaa? hehe thx

  67. @Iyas
    oh iya beberapa file saya buatnya di Flash 8, dan yang terbaru saya buat di Flash CS3.. jadi kayaknya gak bisa dibuka dari Flash MX.. maafkan hehe..

    @dira
    Alhamdulillah, mari sama-sama belajar..

    @denieru
    thx jg mas denieru..

    @Media pembelajaran flash
    langsung ke TKP ;)

    @misbah
    camtasia tuh software utk capture tampilan desktop itu kan ya, ngga tau gmn hehe..

  68. @misbah, carax file hasil rekaman camtasia kan extensinya camrec atau avi, dr camtasia, pilih produce video as, pilih flash swf, selanjutx ikuti petnjuk smpe selesai, nanti outputx brupa swf, nah file swf ini yg bs dipakai utk diload movie dr file flash utama yg mw dibwt

  69. ^wew thx udah menjawab :D
    ane kagak pernah make ntu softwer, tp klo emang bisa diekspor jd swf sih iye bener tinggal loadMovie aje hehe..

  70. mas tw cr bwt player video/flv tp pemanggilannya lewt xml mas biar bs di tambahin file videonya…
    blas ke email sy mas(f4u21_mg@yahoo.com).
    sy lg bikn aplikasi bwt Tugas Akhir/Skripsi…
    mksh sebelumnya

  71. mas mau tanya kalau bikin flash untuk halaman awal php yang tulisannya bergerak gerak seperti Tag Cloud di web mas cuman tulisannya pada gerak2x gitu,ada ngga tutorialnya atau ebooknya.Terima Kasih

  72. halamannya bagus N pa lgi ini dgn cara yang menrik simpel tdk rbt ,/// oya klw bleh tw bgaimna cara mmbuat cd inter aktif dngan menggunakan authorware, tolong donk kirimin software authorwarenya ke e-mail saya, trim sblumnyanya,…

  73. di tutorialnya, Membuat Media Interaktif dengan Flash, kan ada 3 cara. aku ada masalah ni bang, aku dah buat File SWFnya. trus aku mau buat File loadernya tuh. dikasih tipsnya dong bang. klo ntar tampilannya fullscreen gtu gmn caranya? minta tolong ni bang. emailin bisa ga?

  74. @fauzi mg
    gak tau euy, belum pernah nyobain

    @notZahra
    hmm mungkin ada

    @PSIK FK UGM 2004
    your welcome brother ;)

    @surya
    lagi nyari authorware yah? selamat googling 8)

    @eko
    hehe.. :D sebenernya tidak terbatas hanya 3 cara sih.. itu mah karangan saya aja ;p
    cara load SWF dari loadernya, bisa dengan loadMovie() atau loadMovieNum()
    cara tampilan fullscreen, bisa dengan fscommand(“fullscreen”,true)

  75. Tanya dong,
    Dapetin template gratisan untuk presentasi flash dimana ya?
    Saya dapat tugas buat company profile yang didistribusikan via cd nih.

  76. mas faisal,ane coba buat tombol quit di flash dari scrip fscommand(“quit”,true); ga bisa juga mas,bisa buatkan fla’a mas?udah pusing banget nh udah coba otak atik ini itu g bisa juga,yg ada error…tolong ya mas,please…butuh banget tuk tugas kompri saya…kabari ke email saya ya mas (muhammad.fauzi1@gmail.com),makasih banget nh mas.wss

  77. @owin
    di internet semuanya ada, nah cuman, spesifiknya saya kurang tau ;p

    @andi setiawan
    waalaikumsalam
    dengan banyak berlatih :D

    @gecko
    ada, misalnya loadMovie()

    @fauzi
    ya, itu scriptnya sudah benar
    jangan mudah menyerah, jika gagal coba lakukan dengan jalan yg berbeda.. ;)

  78. assalamu’alaikum

    terimakasih banyak atas tutorialnya…
    dengan ini saya dapat mengerti bagaimana cara membuat template dan membuat animasi.

    makasih banyak atas tutorialnya

  79. Mas Faisal, Kalau membuat quiz yang soal atau jawabannya berupa gambar itu bagaimana caranya? Mohon bantuannya. Mksh banyak sebelumnya.

    (Note: Saat ini yang saya bisa hanya membuat quiz yang isinya berupa teks saja dengan cara teks soal dan jawaban tersebut ditulis di file notepad, kemudian perintahnya di action script)

  80. punya tempat donlot menu bwt CD TUTORIAL tak..??
    pliss,, perlu bgt nih…..!!

    bwt tugas sekolah…

  81. wah bagus juga tuh….
    ngunduh ya… buat bahan tugas kuliah….
    da updte teknik/trik baru lage gak??
    thanks

  82. mas salman, bisa tolongin saya.
    kalau bisa mas baik deh.
    begini………
    saya kesulitan dalam membuat waktu yang menghitung mundur untuk diterapkan atau ditampilkan di ujian pilihan ganda pada flash 8.
    tolong mas jawabannya dikirim pada email saya.
    terimakasih.

  83. mas salman saya udh bikin cd interactive nya nih hehe, trus caranya biar bisa dibuka di dvd player gmn tuh mas?

  84. HUahahhhah Mantap nih…… skalian mo tanya dong mas, gimana cara ngeganti icon dan judul flash playernya pada waktu file *.exe atau *.swf dijalankan. maksudnya seperti “Favicon” di browser…… kalo bisa, sy mohon bantuannya yah….. terima kasih. :)

  85. assalamu’alaikum..mas faisal
    mas..saya terbilang baru dengna flash…
    tapi saya ingin bisa membuat media interaktif..tapi setelah saya membuat template dengan memdownload template Update 4 (30 Oktober 2007):..saya bingung :
    a. membuat template tersebut..adakah langkah2 yang lebih detail..??
    b. klo boleh saya minta di kirimi gambr logo2 yang ada di template Update4 (30 Oktober 2007):..

    sebelumnya terima kasih
    semoga tetap ada di lindungan Allah

  86. mas trim’s tutorial flasnya…
    Boleh tanya gimana caranya desain blog di blogspot pake’ Flash..Makaci,,,Jwb y ms

  87. maz bisa bantu saya?? untuk pembikinan company profile… saya agag kesulita. trimakasih.. contact saya:085722362386

  88. Assalamu’alaikum…

    Hmm… Akang mah bukan trmasuk kategori pemula lg. Tp dah expert tau.. Kalau blh bg2 dong kang ilmu lbh dlm lg. Ana mau buat media pembelajaran buat tugas akhir kuliah kang. Kalau brkenan tlng kang kirimin beberapa contoh yang berhubungan dgn media yang ingin saya buat dgn flash brkaitan dengan materi matematika volum benda putar. Itu pun kalau blh kang. kirimin ke email aku ddi_wi@yahoo.com.

    Jazakallahu khair atas ilmu-ilmunya. Smoga menjadi ilmu yang bermanfaat

  89. Faisalman’s Blog
    skarang gw lagi bikin cd interaktif.. gw bingung cara bikin flash untuk praktikum gitu…
    misalnya gini… gw bikin gambar rangkaian listrik untuk di drag dan di drop kemudian di jalankan..
    caranya gmana yach..?

  90. kalo mau buat animasi gelombang sinus yang interaktif gimana ya? mau saya buat untuk skripsi media pembelajaran . ntar besarnya disa diubah2 dengan memasukkan angka …thks

  91. assalamu’laikum..
    bagus..sekali artikelnya..bisa saya coba untuk membuat pembelajaran semakin interaktive..thnx

  92. thx gan…q unduh template 1 x…tk edit2.boleh kan??hohoho..pasti boleh… :)
    bwt tgs akhir mmbwt pmbelajaran dr macromedia.skali lg thx gan…membntu bgt

  93. masih idup nggak postingan ini??
    mau nanya nii
    saya ingin membuat aplikasi multimedia tentang pengenalan tata suryaa. biar menjadi multimedia interaktif, aplikasi tata surya yang bagaimana kah yang harus saya buat??
    mohon masukannya :D

  94. cari2 artikel tentang cara membuat book flip, tapi malah nyasar ke blog ini. eh.. gak tahunya mantabs juga isinya.. hahaha..
    makasih ohm tulisan dan sourcenya., salam kenal! :P

  95. Asalamualaikum..
    salam kenal
    bagus artikelnya sangat bermanfaat.,,,???
    kang mw nanya untuk mempelajari action script susah ga sich??

  96. Bgs ni mas..??
    kasih tutorial wt bikin lks interaktif yo..
    trus klw mw ngasih penskoran gmn yah mas…??

  97. saya mau bikin tugas akhir nech tentang pembuatan games interaktif dalam flash,,, bantuin duonk aku blom punya judul mo bikin apa,,,

  98. Mas Faisal, kalau untuk membuat foto gallery yang diberi efek animasi dengan menggunakan tombol next dan tombol prev, dalam satu slide, dibuatnya memakai slide presentation dokumen di flash gimana sih caranya ? mohon bantuannya ya,
    terima kasih ^_^

  99. mohon ijin juragan, saya “cep sudedi” guru smp negeri 14 bandung, ingin mengcopy artikel juragan untuk dibuat sebagai bahan ajar disekolah, insyaalloh akan saya sampaikan materi juragan kepada anak-anak, mudah-mudahan menjadi amal juragan (ilmu yang diamalkan), semoga juragan senantiasa diberikan Ilmu yang banyak, sehat, dan mendapat rejeki yang berlimpah dari Alloh SWT, Amin.

  100. Maz…..SUHU nuwun ilmunya…..
    Lagi belajar buat CD ne tpi tdk berasil……
    kirim email atau YM…..

    Trims

  101. wahh… keren banget.. lagi nyoba belajar bikin company profile nih bang.. yah walopun pusing banget niih.. tapi tetep semangat belajar..izin liat2 bang..

  102. cukup dimengerti bahasa buad pemula, nch, tp msh bingung jg cz qw jg msh lum phm bdg tentang flash, kbtulan qw lg da tgas kul buad portfolio gt!
    lbh sering update tntng flash ea, biar qw jg lbh mengenal tntg flash gt! sip mz bro! lnjutkan!:p

  103. Update (20 Juni 2007)
    Mas pada pembahasan ini
    cara memasukkan video produk kita gimana ya caranya
    misal di alinea ketiga setelah about me sy isikan browse
    dan di browse sini saya isi tulisan dimana kalau di klik langsung berubah menjadi ke halaman video swf atau avi .flv, dsb

    home…. aboutme…….browse
    pak diklik browse..
    – video 1
    – video 2

    pas di klik video
    jreng langsung mengarahkan ke video yang sudah kita buat di movie maker atau semacamnya.

    thanks

  104. Ini comment saya yang ke-2 dari tulisan yang sama dengan blog lain, entah siapa yg ngejiplak….

    Saya hanya koreksi (sharing) dikit tentang autorun:

    Yang benar mungkin seperti dibawah ini:

    [autorun]
    open=mySalman.exe
    icon=mySalman.ico

    jadi untuk icon berakhiran .ico bukan .exe

    Thanks
    Semoga berguna

  105. makasichhh ya,,,karya2 andan dan tutorial andan sangat membantu saya dalam belajar,,, :) semoga anda semakin pandai berkarya,, hehehehe

  106. keren blognya.. jadi ada ide dan bisa terinspirasi buat ngerjain tugas flash nih :)
    makasih yaa…

  107. @gundala: kalau file *.ico tidak ada bisa menggunakan
    [autorun]
    open=mySalman.exe
    icon=mySalman.exe

    apalagi kalau ikon sama exe gambarnya sama. kalo *.ico ada, ya apa2. saran saya gambar *.exe nya yg bagus. karena *.ico hanya muncul kalo pake autorun cd atau fd.

  108. Hi,
    Saya kini mengunakan software macromedia director mx, macam mana saya nak link software authorware untuk dibuka dalam macromedia director mx?

  109. ada gak ya ebook actionscript 3.0.. yang bahasa indonesia lebih bgus lagi kalo ada

  110. askum…wah ane sangt terksan dengan karya2 anda…dan berterimaskh atas ilmu nya…..skalian deh mw nyanya neh” ane khan ngerjaen projek flash neh,,krna di flash ktka membuat design gmbar agak kesulitan..jd ane untuk mendisaign menggunakan corel draw,,,nah yg ane tanyain pake ektensi apa jika di import ke flash menjadi gambar vektor(alias gk pecah, dan tanpa sisi putih) ..ato ksih tw dunk program yg tepat untuk design yg biasa dipake..trimksh for u all.

  111. mastah, ada tutorial buat nampilin beberapa isi tabel dari satu database mysql gak??

  112. mas faisal…saya mencontek script membuat foto galery….website saya thegalo.com…mohon ijinya..thanks…

  113. HALLOOO..mas faisal saya sudah coba buat flash untuk CD profile Band dan berhasil, terima kasih tutorialnya mas…

    sy mau tanya kalo untuk web flash, ketika akan me-load file apakah sama dengan cd interactive (menggunakan action loadMovie() atau loadMovieNum().) atau dengan cara lain???

  114. Makasih mas faisal, karena berkat tutorial anda saya jadi bisa buat flash untuk cd company profil. saya anjurkan deh teman-teman yang lain baca blog ini…salam

  115. Wah kren kreatif gan hee
    gan source flah interaktif yg utuh n lengkap da gan msal CD Interaktif buat Anak” klo ada share dunk ^_^

  116. assalamu’alaikum mas!!
    saya mau nanyak nih!!
    saya sdh bwt sebuah file dgn extansi “swf” sebagai file induk trus saya bwt file-file yang lain sebagai file cabangnya dengan extansi “swf” jga.
    jdi saya mau ubah flashnya menjadi “exe”.. tapi pas di hubungin ke file cabangnya eehhhh ternyata blankk!!! truss bgaimana solusinya ya mas!! mohon bantuannya!!

  117. gimana caranya buat media pembelajaran buat anak TK tentang pengenalan benda tapi yang bisa konek dengan database ?

  118. assalamualaikum mas. saya bikin projek dengan macromedia flash 8 professional dengan kompleks banyak animasi yang dibuat sehingga baru sampai 15,4 MB pas saya mau tes movie eror mas tulisan nya “ERROR CREATING FLASH MOVIE. THERE WAS NOT ENOUGH MEMORY AVAILABLE”. kira2 solusi nya gimana ya mas untuk projek saya yang eror?
    wassalam.

  119. Assalamu alaykum.
    Om admin… kira” bisa ga buat smcam aplikasi u/desain kaos gitu dgan flash? soalx ad tugas kuliah nih soalnya sy masih pemula banget.. terus DBnya sy juga belom dpat…
    mohon bantuannya…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s