Membuat Autorun Sendiri +Tampilan Menunya

automenu.jpg

#1 Untuk CD/DVD

Ketika kita membuat sebuah CD untuk orang lain, kadang kita ingin ketika orang tersebut memasukkan CD maka muncullah tulisan yang perlu dibaca dahulu atau ada sebuah aplikasi yang berjalan secara otomatis beberapa saat begitu CD dimasukkan. Nah, ketika itulah kita perlu membuat CD yang mempunyai autorun.

Karena Saya pernah membuat beberapa CD interaktif (lihat mini-portfolio Saya :P ), setidaknya ada beberapa cara-cara praktis yang ingin Saya tuliskan disini, eh bentar, disclaimer dulu!!! apa yang Saya tuliskan disini adalah murni dari pengalaman, Jadi jangan tertawakan ya kalau ada cara-cara yang agak aneh… :mrgreen: oh iya cara-cara yang Saya pakai disini tingkat keberhasilannya mencapai 68% pada komputer yang ber-OS windows (artinya hasilnya tidak semuanya berhasil).

Ok, sekarang, bagaimana caranya? Hehehe gampaang… sediakan contoh CD yang sudah ada autorunnya seperti CD bonus majalah atau CD interaktif apapun. Pertama-tama coba kita pelajari apa yang ada di CD yang ada autorunnya tetapi tidak di CD biasa, Anda lihat? ya benar! itu dia, sebuah file bernama ‘autorun’ yang berekstensi ‘inf’. Nah sekarang kita lihat-lihat isinya… coba double klik

auto.jpg

Adapun cara membuat file autorun.inf adalah sebagai berikut:

1. Membuat File Autorun.inf

– buka notepad

– ketik:

[autorun]

open=namaFile.exeYangMauDiJalankanOtomatisPadaCDnya

icon=namaFileIkon.icoYangMauDijadikanIkonPadaCDTersebut

contoh:

[autorun]

open=mySalman.exe

icon=mySalman.exe

– klik save as

– pilih ‘save as type’-nya all files (jangan text!) kemudian beri nama autorun.inf (namanya harus autorun + ekstensinya harus inf)

– copy-kan file autorun.inf ke CD tersebut

perhatian:

cara lain membuatnya adalah dengan kopipes+edit

file autorun.inf harus berada di root utama CD tersebut, sedangkan file .exe yg diautorun boleh setara dengannya atau di folder bawahnya

aturan penulisan di Windows tidak case sensitive

file yang bisa berjalan otomatis pada autorun hanya file application (*.exe, *.bat, *.com, *.hta, dsb) sedangkan untuk file-file lain tidak, tetapi ada cara meng’akali’nya yaitu dengan membuat aplikasi yang membuka file lain secara otomatis berikut caranya:

2. Membuat Autorun File Selain Application

– buka notepad

– ketik:

start namaFileYgMauDibuka.xxx

contoh:

start sebuahFolderDalamCDKlik!Salman.pdf

– klik save as

– pilih ‘save as type’-nya all files (jangan text!) kemudian beri nama kemudian beri ekstensi .bat

– copy-kan file .bat ke CD tersebut

– jangan lupa pada autorun.inf yang di-open adalah file .bat tersebut

bat.jpg

3. Membuat Menu Autorun

Misalkan kita ingin memberikan pilihan kepada User yang memasukkan CD kita —apakah mau membaca readme, menjalankan aplikasi, atau browse isi CD— maka kita perlu membuat sebuah menu autorun yang berisi pilihan-pilihan tersebut. Kita dapat membuatnya dengan beberapa cara yaitu menggunakan software khusus pembuat autorun, misalnya autoplay menu builder, demoshield, dsb. ini adalah cara paling mudah. Atau bisa juga kita buat aplikasi sendiri dengan membuat program console maupun dengan tampilan visual.

Karena Saya terbiasa menggunakan Flash maka Saya lebih senang membuat aplikasi menu autorun dengan menggunakan Flash (selain juga karena mudah membuatnya dan mengkastemaiznya).

fles.jpg

ActionScript penting yang digunakan kali ini adalah fscommand (“exec”,”namafile.bat”) untuk menjalankan file .bat yang telah kita isikan script yg sebelumnya dan getURL(““) untuk meng-explore isi CD kita. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

fscommand(command:String, parameters:String) : Void

untuk menjalankan aplikasi kita bisa memakai command ‘exec’ yang mempunyai parameter berupa path dari aplikasi dan mempunyai kegunaan untuk mengeksekusi sebuah aplikasi. Perintah exec hanya akan bekerja dari file Flash projector (tidak bisa dari SWF). Perintah exec juga hanya akan mengeksekusi file yang berada di subdirektori yang bernama fscommand (ntah kenapa nama foldernya harus fscommand, tapi biarlah terserah developer yg buatnya…) jadi kesimpulannya, file-file .bat akan kita simpan di folder fscommand ini yang nantinya akan dipanggil oleh sang Flash projector. contoh: di sebuah tombol kita berikan script tombol.onRelease=function(){fscommand(“exec”,”buka.bat”)} maka dia akan mengeksekusi aplikasi buka.bat yang ada di folder fscommand yang setara dengan path dari file flash tersebut.


getURL(url:String, [window:String, [method:String]]) : Void

action getURL biasanya dipakai untuk me-load sebuah dokumen dari suatu URL spesifik ke sebuah window atau melewatkan variabel ke aplikasi lain ke URL lain. misalnya kita buat sebuah tombol dengan script tombol.onRelease=function(){getURL(“http://faisalman.wordpress.com”, “_blank”)} yang akan membuka browser dan menuju ke halaman yang dituju, atau getURL(“mailto:blablabla@balabala.com”)untuk mengirimkan ke email. Nah, untuk meng-explore path CD kita ternyata bisa dengan mengosongkan URL dalam action getURL(“”) maka dia akan meng-explore path Flash tersebut berada –yang ada di path utama CD kita.

Peringatan!!! : Tambahan lagi, browser defaultnya harus IE (ih, ketinggalan jaman) kalau ngga cara ini 68% akan gagal.

update lagi: eh, ternyata yang seperti ini ada trik untuk mengakalinya :) lihat di http://www.actionscript.org/resources/articles/693/1/

Kemudian pada bla…bla…bla… pokoknya nanti hasilnya akan seperti ini:

automenu.jpg

keterangan: ikon-ikonnya dibuat dengan teknik tracing (lihat artikel sebelumnya)

lieurkah? nah karena Saya sudah mulai malas menulis, lebih baik langsung liat contohnya saja. Silahkan unduh di http://tinyurl.com/F4154LMAN-template-autorun disitu sudah ada source fla dan contoh bagaimana nanti hirarki dan isi dari CDnya. Sekian. [euh,udah males nulis, kapan2 disambung lagi]

gambar terakhir, contoh aplikasi autorun yang pernah Saya (dan kawan2 Pustena) buat pada CD interaktif GAMAIS 2006, kalau Anda mahasiswa ITB angkatan 2006 maka 90% pasti punya CDnya.

cdg.jpg

kalau ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang ngamen, kalau ada umur panjang bolehlah Saya meminta komen (comment –red).

Berikut beberapa link yang ada dari wikipedia tentang autorun

#2 Untuk Flashdisk

Buatlah file dengan nama desktop.ini (perhatikan caranya sama seperti membuat autorun.inf, yaitu dengan menggunakan notepad). File ini berguna untuk mengubah background flashdisk, warna text, dan memberikan label infotip untuk flashdisk kita. Adapun isinya adalah sebagai berikut:

[.ShellClassInfo]

InfoTip= Faisalmandisk :: jika anda sedang meminjam, jagalah Flashdisk ini baik-baik

[ExtShellFolderViews]

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]

IconArea_Image= gambarbackground.jpg

IconArea_Text= 0xcc00aa

Script ini saya lihat dari sebuah contoh file…

– Ganti kalimat infotip untuk mengganti label flashdisk.

– Ganti iconarea_image dengan gambar yang ingin dijadikan background, misal gambarnya bernama gambarsaya.jpg yang ada di dalam folder bernama foldergambar maka IconArea_Image=foldergambargambarsaya.jpg

– Ganti nilai iconarea_text dengan warna pilihan (pada contoh disini 0xc00aa merupakan nilai hexa dari warna ungu, coba ubah nilai hexa-nya jadi 0xffffff atau 0x000000, warna apa yang terjadi?)

Kemudian, buat juga file autorun.inf jika kita ingin mengubah icon flashdisk kita dan menjalankan program autoplay yang telah kita buat sendiri. Isi autorun.inf adalah sebagai berikut (dengan asumsi di flashdisk kita sudah tersedia file yg namanya ReadMe.exe dan ikonFaisalman.ico):


[Autorun]

Open = ReadMe.exe

Icon = ikonFaisalman.ico

Action=Faisalmandisk – Baca dulu peringatan ini!!!

shellexecute = ReadMe.exe

shellopencommand = ReadMe.exe

shellautocommand = ReadMe.exe

Teknik autorun ini banyak dipakai oleh virus-virus yang menyebar lewat flashdisk. Lihat gambar di bawah ini, background flashdisk kita sudah berubah menjadi gambar (warnanya saya biarkan default). dan yang menarik, tulisan Action pada autorun.inf akan ditampilkan pada saat autoplay…autoupdate.jpg

Kemudian lihat gambar yang satu lagi ini,ketika membuka explorer maka label infotip kita akan muncul disitu. Dan.. wow, icon flashdisk kita sudah berubah !!! labelinfotip.jpg

update 13 Januari: waduh, tulisan saya ini dibajak orang :( hiks. buat para pembajak.. kalau mau mbajak tolong cantumkan juga link kesini http://faisalman.wordpress.com/2007/07/28/membuat-autorun-sendiri-tampilan-menunya/

update 15 Februari: ehm, ternyata masalah autorun yg gak jalan di Flashdisk itu karena settingan registry di komputer user.. ini saya baca di sebuah e-book cuman lupa, nanti saya update lagi :)

update 19 Desember 2008: ada sebuah komentar menarik dari mas Yaufani Adam, mungkin ini penting juga

mas faisalman, tadi pagi saya nemu masalah ini fscommand exec ga jalan di flash CS3 nie di URL ini

http://www.northcode.com/blog.php/2007/08/14/FSCommand-EXEC-is-Broken-in-Flash-CS3

trus solusinya disini:

http://www.northcode.com/blog.php/2007/08/07/Conquering-FSCommand-EXEC-Part-1-Proxy

140 thoughts on “Membuat Autorun Sendiri +Tampilan Menunya

  1. Nampak tidak ada sih… Ini bisa disebut sebagai kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya ya berarti gak bisa tampilan keren-keren kayak gitu… Kelebihannya adalah tidak mudah terkena virus…

  2. berlaku pada flashdisk juga khan?

    oia, kalo mau nampilin “background folder” di CD bisa ga ya? Kalo ngerubah warna huruf gimana? kalo pengen nyebarin virus lewat CD gimana caranya? kalo mau biar CD-nya dipasword bisa kagak? kalo ini? kalo itu? kalo-kalo? udah ah..
    dijawab ya.,..

  3. @Dhimas

    berlaku pada flashdisk juga khan?

    berlaku, kalau autoplaynya dijalanin (tp kynya hanya untuk flashdisk tertentu)

    oia, kalo mau nampilin “background folder” di CD bisa ga ya?

    ngga tau, ubah skrip file desktop.ini mungkin…

    Kalo ngerubah warna huruf gimana?

    ngga tau juga, kayanya ubah skrip file desktop.ini

    kalo pengen nyebarin virus lewat CD gimana caranya?

    ya… file yg diautoplaynya virus

    kalo mau biar CD-nya dipasword bisa kagak?

    pake software anti-bajak (lupa namanya, coba googling ajah)

    kalo ini? kalo itu? kalo-kalo? udah ah..
    dijawab ya…

    wah nanyanya ga tanggung-tanggung…. jadi males jawabnya nih

  4. Mas…
    Q agak bingung tentang file .bat apakah tu sama ama file .exe (sebutan) misalkan q mao buat tombol buat instal software mana yang benar
    1. tombol.onRelease=function(){
    fscommand(”exec”,”setup.bat”)
    }
    2. tombol.onRelease=function(){
    fscommand(”exec”,”setup.exe”)
    }

    kan setup nya berfile .exe
    maaf kalau pertanyaannya agak ruwet(jelimet istilah jawanya) ma kasih atas perhatiannya

  5. @Satria
    boleh, unduh aja file flashnya, disitu udah ada scriptnya…

    @enigma :? iya boleh :?

    @Arham
    buat linux saya belum pernah coba, adakah? kalau memang ada Saya ingin tahu juga, supaya cd yg dibuat bisa dibuka dimanapun :)

    @Irham
    kalau nama filenya setup.exe ya nomer 2 yg bener, tapi kalau mau langsung diaksesnya gitu jangan lupa disimpannya harus di folder ‘fscommand’nya…

    @Unknown
    ganti icon biasanya mah bisa, tapi kalau autoplay program kadang2 ada juga komputer yang bisa

  6. refresh dulu, atau remove dulu terus coba colok lagi flashdisknya…
    kl masih ga bisa, mungkin salah waktu buat filenya (biasanya gara2 waktu save dari notepad, save-as-type-nya belum milih all files)

  7. pagi ..

    wah tutor tentang flash-nya ok punya, ngomong2 aku lg ada proyek
    buat presentasi lewat flash. setahuku di flash klo bikin presentasi
    cuman masukin gambar ama kayak textbox saja.
    nanya :
    mas salman, tahu tdk bagaiman bikin presentasi supaya lebih
    “hidup” tidak cuman text dan gambar saja, klo bisa kasih tutorialnya
    syukur-syukur ada source code …. hehehe ….

    thanks byk, sukses selalu …

  8. trus cara bikin REadMe.exe (Micrimedia flash2) gimana? klo buat flashdisk??
    dan perlu pake autoplay ga ?

    Pleace elp me

  9. mas, isinya ReadMe.exe itu apa ya? saya masih g ngerti..!!

    tinggal bikin ReadMe.exe nya aja yang belom mudeng.

    Elp me……..!!

  10. @Santosa
    banyak cara, salah satunya seperti yg ini http://faisalman.wordpress.com/2007/10/30/lorem-ipsum-dolor-sit-amet-dst/

    @aris a.k.a yudhi
    Untuk contoh diatas, ReadMe.exe itu file yang mau di-autorun.
    Maksud saya file ReadMe.exe itu bisa diganti apa aja, tergantung program apa yang mau dijalanin pas klik di menu pilihan autorun. Bisa ganti jadi program software (misal portableApps) atau buat sendiri (ya kaya ReadMe.exe yang saya buat pake Flash itu…)

    Kalau masih penasaran, ReadMe.exe itu isinya identitas pemilik flashdisk (yaitu Saya sendiri). Kalau ngga ada aplikasi Flash, buat file dengan nama ReadMe.bat terus edit pake notepad dengan isi: @echo “isi pesan yang ingin ditampilkan”
    terakhir, jangan lupa ganti nama file yg diautorunnya

  11. Maaf Mas mo numpang nanya : saya dah buat file autorun.inf di flasdisk untuk me-launch software di dalam flash disk, tapi kenapa software tsb tidak mau autorun ketika di konek ke komputer (dan dicoba di beberapa komputer yang fasilitas autorun-nya masih aktif)? Hanya icon flashdisk aja yang berubah. Mohon di balas langsung ke e-mail saya ya! Trims sebelumnya

    Salam,
    Tony
    ================================================
    Btw, saya sertakan beberapa informasi pendukung :
    1. Saya membuat file “autorun.inf” sendiri, karena ketika dibeli, flashdisk dalam keadaan kosong, dan aplikasinya harus di-download terlebih dahulu baru di-copy-kan ke dalam flashdisk.

    2. Isi file “autorun.inf” yang saya buat adl sbb:
    [autorun]
    open=JFSW.exe
    icon=JFSW.exe

    3. File “autorun.inf” dan “JFSW.exe” berada dalam root utama
    4. File “JFSW.exe” berukuran 15.867kb, informasi lanjut “http://www.transcendusa.com/Products/JFelite.asp”

  12. @Tony
    Autorun dengan autorun.inf kalau dipakai di CD biasanya selalu berhasil, tapi kalau dipakai di Flashdisk emang rata-rata gagal… jujur saya belum tahu cara lain untuk bisa autorun dari flashdisk…

  13. MAs…
    seTeLah aKu bikin autorun.inf kok di explorer file itu gak ada ya…kaya’ ke hidden gtu tapi pas viewnya tak bikin show hidden tetep gak ada…
    N tampilan iconnya juga hiLang…jadi default icon yang biasa…padahal aku mau ganti tampilan iconnya..pas tak coba bikin lagi, trus tak save as di tempat yang sama ada tulisan ‘this file exists with Read Only attributes. Please use a different file name.’

    Mohon bantuan…Terima Kasih.

  14. berarti file autorun.inf-nya asalnya udah ada disana, cuman diset read only, kalau mau lihat filenya, di explorer klik tools>folder options>pilih tab view..
    – di pilihan ‘hidden files and folders’, pilih yg ‘show hidden files and folders’
    – di pilihan ‘hide protected operating system files’, hilangin tanda centangnya
    kalau bener ada nanti kelihatan..
    cara lain: klik start>run>ketik nama drivenya sama nama filenya (misalnya f:\autorun.inf)
    begitulah.

  15. @Zar
    ngga kedetect apanya? Flashdisknya?

    @Tony
    kalau command ‘open’ diganti dengan command yang sering dipakai virus seperti ‘shellexecute’ dsb ngaruh ngga ya?
    shellexecute = NamaFile.exe
    shell\open\command = NamaFile.exe
    shell\auto\command = NamaFile.exe

  16. wadouu, ak uda coba autorun u/ flashdisk tapi ga bisa.
    malah autorun ku berubah sendiri shellexecute file *.dll
    dan di FD ak ke copy juga file *.dll nya.

  17. @Adimas Joko
    Wa’alaikumsalam..
    Mas, bilang ke sobat itu, kl bagi2 ilmu jangan pelit..
    siapa tuh yang mau ngajarin?
    soalnya kl saya gak tau apa2 ttg jogja, secara urang bandung asli.. 8)

  18. Kalo autorun digunakan untuk membackup file dari my documents ke flashdisk bisa nggak ya…?

  19. gimana load file .exe nya yang ada didalam folder myprogram
    contoh:
    saya buat dengan flash mx
    fscommand
    myprogram

    tolong dibalas yach!

  20. man, kalo autorun pas nyalain komputer gmana??
    maksudnya mau ngjalanin program .exe otomatis pas nyalain komputer.

  21. @santi
    maksudnya diedit belah mananya?
    klo maksudnya file yg udah dibakar di cd gak bisa, tp bisa ditimpa file dengan nama sama..

    @jhanoe
    bisa mgkn, coba buat aja aplikasi batchnya (*.bat) :D

    @Tottz
    wah master merendah

    @Ajie
    yup, sama2 bos Ajie
    terima kasih juga udah bersedia nyobain

    @sorryman
    wow 8O

    @wakjun
    awa juga newbie ini
    hoho.. boleh silakan..

    @rhozapermana
    gmn, ada yg sulit? 8)
    huehehe

    @codename11
    seperti yang ada di artikel ini

  22. Trimakasih, saya bangga dengan orang kreatif-kreatif yang mau mengamalkan ilmunya. yang jelas tips and trik kaya’ gini sangat dibutuhkan oleh para mania komputer khususnya saya (mbahtaqim).

  23. Pak, saya kok ga bisa jalanin tombol jalankanfileaplikasi.exe ama bacafilereadme.doc nya ya?

    errornya UNC path not supported gt, saya udah nyoba di 2 komputer

    ada yg salah kah?

  24. mas….
    saya lagi bikin tampilan menu di cd, saya mau nanya kalau ingin mengcopy file atau folder dari cd ke direktory di komputer bisa ngak, kalau bisa gimana caranya..?
    saya dapat info dari teman kalau itu bisa dibuat dengan menggunakan bat flie
    from zainal di tolitoli

  25. @mbahtaqim
    iya sama2 mbah, saya juga senang kalau tips dan trik ini berguna..
    asal bukan buat kejahatan aja ya mbah.. hehehe

    @hadi
    hmm.. ada yg bisa bantu?

    @ZAINAL
    mungkin bisa.. *.bat itu kan buat scripting command2nya windows , kalau di linux mungkin kayak *.sh

    @yaufani adam
    wow.. thx berat bro! :D
    saya baru tau nih :oops:
    makasih infonya yah…

    @Infinite Plugin
    mangga silakan dicoba :)

    @zhu
    format vbs? mau buat script apa nih? virus? mungkin antivirusnya kagak ngijinin :mrgreen: atau settingan autoplay di registry dimatiin?

  26. kang.. Anda masuk Daftar Pustaka makalah saya hhe..
    makasih buat tutorial nya, semoga Alloh memberikan kesehatan dan sukses buat akang.. amin.

    rgrdgs
    dk

  27. dok, aku juga punya keluhan nich……
    aq maunya autorun yang ada di flash bisa mengeluarkan suara dan gambar, tapi bukan dari windows melainkan dari flashdisc. ok blz

  28. Wah… Makasih banyak banyak banyak, mas….
    Kebetulan saya juga lagi memperdalam Flash…
    Terimakasih . . . :)
    (artikelnya banyak dibajak tuch…)

  29. Wah Menarik …..Ijin Qw tambain buat Link Yeach………..
    Trims Before………..

    Succes for you..

  30. Kalau autorun buat Linux bisa nggak?

    “bisa lah……………..”
    tapi linuxnya make apa?

    autoran linux ga da, tapi auto mountingnya ada….

  31. @rahmat
    wew kk, awa bukan dokter lho.. :mrgreen:
    udah ada kan di artikel bagian flashdisk?

    @Jupiter
    kalau pake cara saya yg buat menu dg Flash, dikasih animasi bisa2 aja..

    @Rizqi
    Selamat memperdalam…
    gpp lah dibajak juga, asal ngasih link ke sini aja ^^

    @fairvz
    Sangat boleh sekali :D
    Success for u too

    @D-man
    hehe.. maap kalo kurang jelas bahasannya

    @ulfi
    oh ya? fasilitas automounting di linux bisa dimanfaatkan buat autorun gk y?
    tapi klo gampang jdnya rawan virus juga sih..

  32. bagaimana mas caranya kalo aplikasinya bisa langsung jalan tanpa klik button dulu tai lewat flasdik

  33. kk gimana caranya autorun flashdisk langsung nyetel lagu???
    maksudnya gini gimana caranya biar waktu colok flashdisk langsung nyetel lagu??

  34. nih abis di modif yg atas ketik

    [Autorun]

    Open = Winamp\winamp.exe

    Icon = dewwi.ico

    Action=for dewi

    shellexecute = Winamp\winamp.exe

    shellopencommand = Winamp\winamp.exe

    shellautocommand = Winamp\winamp.exe

    (di flashdik anda harap punya winamp :) udah bisa kok tp bingung naro lagunya otomatis gimana :D kk faisal tau kah caranya naro lagu di winamp???)

  35. Nice post!!!!!!!!

    mantappppppp tutor’a yg u ksh!!!!!!!!!!berguna bgt utk w……..

    thx s’x gy info’a nich bos……

  36. slm kenal bang faisal. mantab bangt artikelnya, trusterang jd lebih banyak masukan bagi yang baca. khususya buat i. bang, postkan serial number adobe flash cs3 profesional ke email i. tertarik mau belajar ni bang….
    sebelumnya makasih dan salam sukses…

  37. Mas saya mau tanya, saya pernah buat aplikasi pengunci fd pake notepad, udah selesai kemudian saya coba dan berhasil. Lalu saya buat autorunnya, nah fd saya dicabut trus colokin lagi, nah masalahnya autorun itu kedetect sebagai trojan di Avira… Kira-kira bagaimana mengakalinya? Percuma dong aplikasi udah dibuat tetapi gak bisa jalan otomatis? Tolong ya mas.

  38. mas faisalman, saya coba ikutin instruksi untuk buat file autorun. menjalankan file .ppsx,
    saya ambil cara ini aja, sebab tidak punya aplikasi flash untuk bikin aplikasi .exe, pertanyaannya:
    1. gimana menentukan folder yang akan kita buat di powerpointnya. sebab kan di save di d:\ ato c:\ tapi nanti kalo udah jadi cd. posisinya ada di e:\ ato f:\ begitu.
    2. sudah saya buat autorun.inf untuk percobaan dulu. begitu saya jalankan di windows 7 muncul pesan error e:\ is not valid Win32 application
    3. di cd yang bisa jalan kok ada file autorun.bat ya?
    hehehe.. maaf kalo cerewet. terima kasih mas…

  39. @Curut|GapTek
    Okeh

    @agus santoso
    pake autorun, tapi gak jalan di semua komputer.. dan pake autorun di zaman sekarang kayanya semakin sulit (gara2 virus sering make ini jadi antivirus sering ngeblok)

    @iam70
    download programnya, terus double klik.. emg make PuTTYnya buat apa? SSH/Telnet?

    @suyono
    okeh heheh

    @ucay
    caranya: tangan kiri colok flashdisk, tangan kanan klik winamp.. huehehe
    it’s easy ;)

    @byan
    slurrp

    @andi setiawan
    buat animasi sebaik mungkin, actionscript hanya alat bantu saja

    @Ikhsan
    kalau buatnya pake flash bisa diexport jadi .EXE

    @Fireman
    sudah dijelaskan di atas, silakan dibaca 8) …

    @Kevin
    siap bro!!!

    @I WAYAN PUTRA YASA
    iyach sama2

    @l4rv4
    xixiix

    @4d3 d4ichir0
    muantappppp!! okeh boss

    @danan
    hehe sip lah, met otak-atik ya

    @Boby Irawan
    tunggu tanggal mainnya 8) …

    @yuska
    waduh, janganlah, cari aja di Google bang yus

    @Tri murdani
    wah hebat2, mgkn bisa diexclude aja si file itu di databasenya avira.. bisa gk y?

    @ari_ajay
    your welkomme

    @firdaus
    1. biar relative path dibuat sefolder saja, jadi tdk perlu bingung menuliskan full pathnya
    2. di autorunnya pastikan file yg diautorunnya bertipe application (apakah itu .EXE, .BAT, atau lainnya)
    3. ya itulah, .BAT itu file applicationnya

    @imam
    yoy

    @Arif fauzi
    asal dipastikan saja isi autorunnya benar dan aplikasinya bersih, lock read-only kalau perlu

  40. saya udah buat autorun ya di fd to kyak gni

    [autorun]
    shellexecute=8start.bat

    but smadav na kq detect virus
    virus na new heur level9
    padahal sblum aq buat autorun na file na gx ad maslah….
    tambahan lagi semua file yang namana 8start program file n di desktop aq juga ikut kedetect
    (file 8start.bat ti sebener na .exe file yng dirubah)
    mohon bantuan na

    kirim lwat email ato post disini juga bole…………

  41. om, CARA PROTECTSI CD ada ga caranya?? biyar ga bisa di copy filenya via Explorer, atau di copy lewat Nero, Clone, Alcohol, Ultra Iso image na.. klo ada, share ke saya dunk,, saya butuh banget :(

    makasih ya

  42. punya judul TA Cd interaktif yg menarik gk….???
    bserta tutorialnya!!
    saya msih binggug mw ngmbil jdul.

  43. aku punya sdikit masalah nih.. gmn caranya buka file exe yg pake ” * “, contoh : namafile.exe *
    gimana cara bukanya….. thanks atas bantuannya bro….

  44. Wah..baru kali ini aku nemukan blognya mas F4154LMAN padahal sudah lama aku download file ini dan nyoba otak atik flash.
    Iya..mas… file ini setelah aku coba bukadan edit di flash CS3 kok gak mau di edit lagi pake flash 8. kenapa ya?

    Sekalian aku add blog nya …. boleh khan…..?

  45. Misalnya aku punya lagu mp3 di dalam flashdisk. Kemudian bagaiman caranya supaya lagu mp3 itu bisa dimainkan secara otomatis ketika flashdisk ditancapkan? (tanpa keluar menu, dan tanpa di Klik, cuma ditancapkan saja lagu mp3 di dalam flashdisk tersebut bisa main dengan sendirinya, tanpa bantuan di Klik)

  46. waw ga sangka artikelnya bagus bos, keren abies neh, cara membuat cd tak terbajakkan juga dung artikelnya, biar klo di kombinasiin hasilnya bakalan tak mengecewakan cd maker aplication n bisa tetep eksis,

    n jangan lupa add q di:

    diah.stefanie@yahoo.com

    thank you

  47. Bos, kalo untuk autoplay Game, buat VCD/DVD Portable Player gimana caranya n untuk game-nya berformat apa? mohon atas jawabannya

  48. bro saya mau tanya, aplikasi apa sih yang bisa buat autoran yang menampilkan file atau exe atau movie, pada saat masuk windows..

    sperti di mesin ATM, atau tempat karaoke…?

    tolong bantuan nya

  49. thanks mas bro sy bru blajar program flash ni jd maf tips n triknya sy copy paste lumayan buat blajar media pengajaran…

  50. Artikel tentang flash nya sudah ok, tapi terus terang aku belum pernah coba, tapi aku percaya pasti ok punya lah. ngomong2 aku lagi ngerjain CD Interaktif Teraphy Ruqyah ntar kalau ada kendala tolong bantuin ya…

  51. Assalamualaikum. mas salman. pada waktu saya klik button bukaexe dan bukadoc kok gak mau menuju ke fscommand ya mas salman. tp klik button bukabrowser dan quit berhasil kenapa mas salman

  52. itu maskud dari
    Open = ReadMe.exe
    shellexecute = ReadMe.exe
    shellopencommand = ReadMe.exe
    shellautocommand = ReadMe.exe
    dan apakah bisa diganti open= music yang kita pilih
    shellexecute, open command dan shellautocommand gak usah dipakai ,bisa gak ??

  53. yuk kita cari di google ACTIONSCRIPT buat autorun nya .. hheu kalo nanya sama yang punya blog nya pasti lama .. soalnya punya kesibukan sendiri .. X-|

  54. mas, kalo mau buat autorun yg filesnya jadi 2 dvd atau sekitar 7gb, gimana yah.. kalau di install dvd 1 nyambung ke dvd 2 nya, tolong yah

  55. kle caranya membuat tombol yang kalu diklik bisa masuk ke file word, powerpoint, pdf sma winrar di flash, scripenya gimana ya?? aq dah browsing2 gak ketemu, mohon bantuannya

  56. terima kasih wahai suhu atas tutor nya sangat keren dan bermanfaat,keen serta sangat mudah dipahami

  57. bro ada auto keyboard mengeluarkan hasil yg serentak gak?
    misalkan repeat lagi loading,loading nya sudah selesai dan mengeluarkan hasil sekaligus ada gk bro kalo ada shere donk ,,

  58. gan,bisa gak bwat auto run software web came?maksutnya kalau dicolokoin usb webcam, tu aplikasi webcame lngsung muncul,,bisa gak?trimakasih infonya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s