Cara Buat Game Flashnya

01Okt07

Sudah pernah coba main game Tux yang makan-makanin biskuit? (klo belum tau baca dulu tulisan yang ini) Nah, karena gamenya sederhana ini mudah untuk dipelajari… dan karena Saya lagi baik maka Saya beritahu Anda yang penasaran, berikut ini langkah-langkah pembuatannya:

#1 Persiapan

Buat 3 buah layer untuk memudahkan pembuatan. layer 1 untuk diberikan label frame, layer 2 untuk diisi actionscript, layer 3 tempat kita nanti menyimpan movieclip dan sebagainya. Ingat baik-baik untuk menyimpan pada tempatnya (layer label untuk nyimpen label, klo nulis ActionScript di layer eksyenskrip, dan selain itu semua simpan aja di layer symbols). Sebenernya boleh aja sih disatuin semua di 1 layer… tapi fren, percayalah ini juga demi kerapihan program kita… untuk amannya, layer selain symbols dilock/hide aja.

Sementara itu untuk panjang framenya adalah bebas tapi untuk gampangnya kita buat saja jadi 3 yaitu frame awal untuk tampilan menu, frame berikutnya untuk permainan, dan berikutnya lagi untuk tampilan game over. Jangan lupa untuk tiap frame berikan label ‘menu’, ’permainan’, ‘gameover’ nanti pindah framenya tinggal gotoAndStop(“nama label”); Lihat gambar berikut…

tux001.jpg

Pada game ini untuk memudahkan dalam pengertian maka setiap Saya menulis actionscript di depan tiap objek Saya berikan id untuk mengenali objek apakah itu…

objek dengan awalan mc_ adalah movieclip

objek dengan awalan btn_ adalah tombol (button)

objek dengan awalan so_ adalah SharedObject

#2 Bagian Menu

Untuk tampilan menu awalnya buatlah judul game yang besar-besar…!!! buat juga tombol main dengan nama instance (lihat properties button) ‘btn_main’ (ini tombol untuk melanjutkan permainan) dan tombol keluar dengan nama instance ‘btn_keluar’ (ini tombol untuk keluar).

Kemudian buat juga sebuah dynamic text dengan nama var ‘topsekorer’ (ini disediakan untuk menampilkan top scorer). Adapun untuk bisa menyimpan dan membaca data skor pada flash di komputer kita, kita perlu menggunakan fasilitas SharedObject (baca artikel Saya sebelumnya). misalkan nanti kita simpan 2 buah data di SO tersebut yaitu namaSO.data.nama untuk menyimpan nama dan namaSO.data.skor untuk menyimpan skor.

Setelah semua itu selesai berikan actionscript di frame 1 sebagai berikut:

stop(); //supaya ngga jalan kemana2

var so_skor:SharedObject = SharedObject.getLocal("catatanSkor","/"); //untuk baca dan simpan data skor
var jmlTopSkorer:Number = 5; //jumlah top skorer yg ditampilkan
text_topSkorer.text = "" ; //tampilan skor di dynamic text

/*	****************************************
	pada SharedObject so_skor ada beberapa data yang disimpan yaitu:
	- topSkor dari 1 sampai 6 (so_skor.data.topSkor1, so_skor.data.topSkor2, so_skor.data.topSkor3,...dst)
	- namaTopSkorer dari 1 sampai 6 (sama seperti diatas, sebenarnya yg dipakai cuman 5 skor, yang ke-6 untuk temp aja :)
	- input nama terakhir (supaya otomatis terisi ketika game over)
 	****************************************	*/

if( so_skor.data.topSkor1 == undefined) //fungsi ini cuma dipakai pertama kali untuk reset skor
{
	for(i=1; i<=jmlTopSkorer; i++){
		so_skor.data["topSkor"+i]=1500/i;
		so_skor.data["namaTopSkorer"+i]="Faisalman";
	}
}

	/**************************************************************
	// untuk menampilkan top skor di dynamic text yg ada di stage :
	***************************************************************/

for (i = 1; i <= jmlTopSkorer; i++) {
	text_topSkorer.text = text_topSkorer.text + "\\n" + eval("so_skor.data.namaTopSkorer"+i) + " " + eval("so_skor.data.topSkor"+i);
}

	/*	****************************************
		// perintah ketika tombol main ditekan :
		****************************************	*/

btn_main.onPress = function(){
	gotoAndStop("permainan");
	} 

	/*	****************************************
		//perintah ketika tombol keluar ditekan :
		****************************************	*/

btn_keluar.onPress = function(){
	fscommand("quit",true);
	}

/*	**************************************************

	//kalau mau ada tombol utk reset skor :

	btn_reset.onPress = function(){
		so_skor.clear();
	}		

******************************************************	*/

#3 Bagian Permainan

Sesudah selesai membuat menu awal selanjutnya kita buat bagian permainan, seperti yang kita tahu inilah sebenarnya inti dari program yang sedang kita buat. Baiklah langsung saja siapkan tokoh-tokohnya: Tux si pinguin, makanan favoritnya (tulang ikan), dan bom. Anda bisa buat sendiri atau pakai yang sudah Saya buat saja (hasil tracing) seperti di bawah ini…

tux3.JPG

Alasan mengapa gambarnya Saya jadikan vektor adalah supaya pada saat bermain nanti eksekusinya jauh lebih ringan dibanding jika memakai begitu saja gambar bitmap hasil import (tidak percaya silahkan coba sendiri bedanya). lihat saja hasil .swf-nya saudara-saudara… game ini besarnya hanya 8 kilobyte jika dimainkan langsung dengan flash (lihat di bawah).

.

.

By the way anyway busway (halah), jangan lupa masing-masing objek itu dijadikan movieclip (klik kanan objek > convert to symbol … atau klik objek menu>modify>convert to symbol) beri nama apapunlah misalkan pinguin, ikan, atau bom. kemudian beri nama instance (lihat properties movieclip) ‘mc_tux’ pada si pinguin, ‘mc_ikan_1’ pada si tulang ikan, dan ‘mc_bom_1’ pada bom.

Kemudian bagian terpenting dari yang penting di game ini adalah rangkaian actionscript berikut (ingat untuk menyimpannya di layer eksyenskrip)

.

.

.

.

.

.

.

.

jreng jreng jreng!!!

artikel ini belum selesai, bersambung ah… biar pada penasaran. insyaAllah nanti diterusin lagi nulisnya kalau ada waktu senggang, akhir-akhir ini masih sangat sibuk


===========================================

UPDATE 16 Oktober 2007

skrip untuk disimpan di frame ‘permainan':

stop(); //supaya ngga jalan kemana2

var vLevel:Number = 0; //current level dari game (pertama kali level 0)
var vSkor:Number = 0; //jumlah skor
var vNyawa:Number = 5; //jumlah nyawa dari pinguin
var vJumlahLevel:Number = 8; //jumlah level dari game ini
var vSkorIkan:Number = 10; //skor kalau dapet ikan
var vSkorBom:Number = -25; //skor kalau kena bom
var vSkorMinUtkNaikStage:Number = 250; //setiap dapat 250 poin, naik ke level berikutnya

	/*	*******************************************************************
		// fungsi untuk menggerakkan pinguin dengan keyboard :
		// (onEnterFrame menjadikan fungsi ini dipanggil sesuai jumlah fps)
		*******************************************************************	*/

mc_tux.onEnterFrame = function() {
	vtPosisiX = this._x;
	vtPosisiY = this._y;

	if (Key.isDown(Key.UP)){
		this._y -= 15;
	}
	if (Key.isDown(Key.DOWN)){
		this._y += 15;
	}
	if (Key.isDown(Key.LEFT)){
		this._x -= 15;
	}
	if (Key.isDown(Key.RIGHT)){
		this._x += 15;
	}
	if (this._x<0 || this._x > (Stage.width - this._width)){
		this._x = vtPosisiX;
	}
	if (this._y<0 || this._y > (Stage.height - this._height)){
		this._y = vtPosisiY;
	}
}

	/*	**************************************************************************
		// fungsi-fungsi berikut inilah yang mengkolaborasikan semua objek disini :
		// (karena bingung menempatkannya, jadi saya urutkan saja sesuai abjad)
		**************************************************************************	*/

//fungsi yg dipanggil pada saat game over
fGameOver = function() {
	for (i = 1; i < (vJumlahLevel + 2); i++) {
		removeMovieClip(eval("mc_ikan"+i));
		removeMovieClip(eval("mc_bom"+i))
		removeMovieClip(eval("mc_bom"+i+"meledak"));
	}
	gotoAndStop("gameover");
}

//ini untuk mendeteksi adanya tabrakan pinguin dengan ikan atau bom
fDeteksiKejadian = function(vtNamaBaru, vtPoin, vtBelumKena) {	

		/****************************************
		 fungsi dalam if ini hanya akan dijalankan
		 kalau ikan atau bom tsb menabrak pinguin
		 dan juga objek tsb harus visible :
		*****************************************/

	if(vtNamaBaru.hitTest(mc_tux) && vtNamaBaru.vtBelumKena) {
		vSkor += vtPoin;					

		if(vSkor == (vSkorMinUtkNaikStage * vLevel)){
			fNaikStage();
			fTampilanLevel("Level "+vLevel);
		} else {
			fTampilanLevel("");
		}

			/************************
			 membuat efek ledakan :
			************************/

		if(vtPoin!=vSkorIkan){
			vNyawa-=1;
			duplicateMovieClip(mc_duarr,eval(vtNamaBaru+"meledak"),this.getNextHighestDepth());
			setProperty(eval(vtNamaBaru+"meledak"),_x,getProperty(mc_tux,_x));
			setProperty(eval(vtNamaBaru+"meledak"),_y,getProperty(mc_tux,_y));
		} else {
			removeMovieClip(eval(vtNamaBaru+"meledak"));
		}		

		vtNamaBaru.vtBelumKena = false;
		vtNamaBaru._visible = false;
	}
}

//setiap kali pindah level, movieclip ikan dan bom akan diduplikasi
fKloning = function(vtNama_mc, vtBanyak, vtPoin) {
	for (i=1; i<vtBanyak; i++) {
		var vtNamaBaru:String = vtNama_mc+i;
		duplicateMovieClip(vtNama_mc, vtNamaBaru, this.getNextHighestDepth());
		setProperty(vtNamaBaru, _x, random(Stage.width));
		setProperty(vtNamaBaru, _y, Stage.height);
		fNaikTurun(vtNamaBaru,5+random(5*vLevel),vtPoin);
	}
	removeMovieClip(eval(vtNama_mc+(vtBanyak)));
}

//klo naik level...
fNaikStage = function() {
	vLevel += 1;
	fKloning("mc_ikan",(vJumlahLevel-vLevel),vSkorIkan);
	fKloning("mc_bom",(vLevel+1),vSkorBom);
}

//fungsi untuk menggerakkan hujan ikan2 dan bom2
fNaikTurun = function(vtNamaBaru, vtKecepatan, vtPoin) {
	var vtBelumKena:Boolean = true;
	eval(vtNamaBaru).onEnterFrame = function(){
	//fungsi ini dipanggil setiap enterFrame
		if((vLevel > vJumlahLevel) || (vNyawa < 1)) {
			fGameOver();
		}
		setProperty(this, _y, getProperty(this, _y) + vtKecepatan);
		fDeteksiKejadian(eval(vtNamaBaru),vtPoin,vtBelumKena);	

		if (this._y > (Stage.height+60))	{
			setProperty(this, _y, (random(Stage.height))-(Stage.height));
			setProperty(this, _x, random(Stage.width));
			this.vtBelumKena = true;
			this._visible = true;
		}
	}
}

//untuk tampilan level di stage
fTampilanLevel = function(vtString) {
	txt_level.text=vtString;
}

fNaikStage(); //fungsi ini dipanggil sekali untuk naik ke level 1 (inisialisasi level = 0)

skrip untuk disimpan di frame ‘game over':

stop(); //supaya ngga jalan kemana2

var vInputNamaTerakhir:String = so_skor.data.namaTerakhir;
var vJuaraKe:Number = 6;
var j:Number = jmlTopSkorer; // variabel jmlTopSkorer dideklarasi di frame 1 

// fungsi ini dijalankan jika tombol OK ditekan :
btn_ok.onPress=function()
{
	//bandingkan dengan skor hasil dg skor yg ada (untuk menentukan peringkat)
	for(i=5; i>=1; i--)	{
		if(vSkor > eval("so_skor.data.topSkor"+i)){
			vJuaraKe = i
		}
	}			

	//fungsi while ini hanya dijalankan jika skor hasil lebih besar dari skor yg ada
	while (vJuaraKe <= j) {
		so_skor.data["topSkor"+j] = so_skor.data["topSkor"+(j-1)];
		so_skor.data["namaTopSkorer"+j] = so_skor.data["namaTopSkorer"+(j-1)];
		j-=1;
	}
	so_skor.data["topSkor"+vJuaraKe] = vSkor;
	so_skor.data["namaTopSkorer"+vJuaraKe] = text_namaSkorer.text;

	so_skor.data.namaTerakhir = text_namaSkorer.text; //simpan nama pemain
	so_skor.flush(); //tulis data ke so_skor
}

Peringatan : ActionScript diatas hanya buatan Saya saja sehingga wajar klo terlihat berantakan dan belepotan :mrgreen: , jadi silahkan perbaiki dan improvisasikan dengan kreasi sendiri… (klo script di wordpress ini beda dengan script di file .fla-nya, maka script di file .fla-nya yang benar karena paling akhir diupdate). Source .fla-nya sendiri ini bisa diunduh di http://tinyurl.com/F4154LMAN-game-cupu-source, untuk yang udah jadinya lihat di http://faisalman.wordpress.com/2007/08/02/ayo-buat-game-sendiri/

About these ads


132 Responses to “Cara Buat Game Flashnya”

  1. 1 moel

    salam kenal…
    emgx pakai flash apa??
    jgn bikin penasaran donk!!
    lanjtn ya caranya..

  2. panjang banget, man :D…..
    males ah bacanya.
    .
    sesudah nyobain bikin game dan tahu susehnya,
    saya berpikiran lebih baik jadi pengguna aja :D.
    gampang dan menyenangkan :D
    dan tentunya pake yang versi “depan Salman” :D.

  3. 3 Agdi_cool

    You Lucky #1 {F4154LMAN}…

  4. Assalamualaikum wr wb

    Salam kenal, Chalim AR’05

    Kang saya baru belajar flash, baru nyoba2 bikin gambar animasi. Masih banyak menghadapi tantangan.. mau gak antum jadi tutor saya? hehe :D

    Wassalam

  5. @moel
    pake flash 8 atau 9 (cs3)

    @yumcatz
    iya, padahal ini sy baru belajar koding..
    depan Salman? :lol: untuk urusan game mah, maknyuss..

    @agdi_cool :oops:

    @Cha Lym
    Waalaikumsalam wr wb
    lam kenal jg..
    yap, tapi tutorialnya di dunia maya saja (disini) :D
    Wassalam

  6. 6 ags

    ass.
    salam kenal bang
    aku pingin nyoba juga nich.\
    lanjutin ya bang
    heheheh

  7. wass. yap silakan dicoba, kalau error mungkin saya salah :D

  8. bung..klo boleh tahu..drmana belajr flash dan scriptnya???pernah belajar programing ya??
    klo flash,mslh script q nol besar..jd klo mau bljr pertama pa yang harus dpljri..otodidak nih!!

  9. 9 dts

    mas pk flash apa? bisa diunduh dimana? aq mo belajar juga tq

  10. @fathani
    iya,
    banyak kq tutorialnya di internet..
    pertama2 ya mulai aja dari coba-coba, nanti lama2 juga biasa

    @dts
    pake flash apa aja juga bisa..

  11. Maaf saya ingin belajar buat game, tapi dari soal-soal matematika. Bagaimana cara buatnya mengkoneksikan antara soal dengan jawaban, dg setting waktu contoh 7 menit untuk mengerjakan 15 soal, setelah itu tampilan hasilnya jika benar 1, jk salah nol nilainya. trims sebelumnya.

    Yahya A
    dari jogja

  12. 12 F4154LMAN

    @Yahya
    hmm.. bisa-bisa…
    pake getTimer(), setInterval(), dan semacamnya buat nyetting waktu.
    untuk benar salahnya pake variabel yang nilainya 1 kalau jawaban benar, 0 kalau salah (atau pake boolean: true/false)

  13. 13 dryanew

    Susah ah! ada yang lebih prakris gak sich?

  14. banykin tutor’e yo om

  15. 15 mira

    katanya game ini pake flash 8 dan 9,,,
    tapi di buka di komp kampus yang pake flash8 ga bisa ya?

    “UNEXPECTED FILE FORMAT”

    itu kenapa ya?tapi di rumah pake cs3 lancar2 aja tuch….

    kunaon tiasa kitu kang?

  16. @dryanew
    banyak jg yg lebih praktis, googling aja..

    @genndu
    ok

    @mira
    iya itu saya buatnya pake cs3, kayanya lupa ngesave as ke flash 8 :oops:

  17. 17 naseh m

    sorry ya mas bisa lebih rinci engga soalnya aku ga ngerti

  18. 18 EdhU

    mas… tau caranya buat installer gak…?
    biar software nya tambah keren.
    kan autorun dah ada tuh, gimana kalo dibuat tutorialnya bikin instaler juga…?

  19. 19 Anhar Tasman alumni BO

    mas kalau mau bikin highscore gimana ya?
    biar pemain bisa merasa tertantang untuk menjadi yang terbaik

  20. @naseh m
    mungkin diantara komentator ada yang bisa bantu?

    @EdhU
    hmm ide yang bagus itu 8)

    @Anhar Tasman alumni BO
    game ini udah termasuk script highscorenya juga koq, nantinya data highscorenya distore di sharedobject.

  21. 21 MH

    tiap kali buat game slaluuuuuuu aja nemuin jalan buntu:< Sering lupa ama ide yang mau di buat:<

  22. 22 gex3

    kurang jelas mas!

  23. komentar saya,,
    saya ingin belajar buat game

  24. 24 Ammar FS

    maaf nih, kakak2…
    Aku anak brumur 13 taon…
    aku mo bikin game dari shockwave flash nih… namanya DIVIDED BY 2 untuk di-share di Kongregate : http://www.kongregate.com/games/

    jadi mainannya tuh, kita disuruh jawab pertanyaan yg otomatis dikluarin oleh flashnya.
    Pertanyaanny brupa angka, kt jwb hasil bagi 2 ny…
    level 1, 1 angka mis: 6
    level 2, 2 angka mis: 78
    level 17, mis: 10263920584917398
    nah, sampe level 25… stiap level 30 detik tuk jwb…
    kyk mana sih cara bikinnya?
    Pokoknya ada pertanyaan random genap positif dan waktunya

    TRIMS… :)

  25. @MH
    sering2 aja maen game kk..

    @gex3
    bagian mananya?

    @sally’s salons
    wah bagus itu.. ayo semangka kk..

    @Ammar FS
    wew, keren uy.. aku anak berumur 7 tahun lebih tua :D
    angka random bisa digenerate pake fungsi random(),

    var level:Number = 1;
    var jumlahAngka:Number = 1;
    var angkaYangDitanyakan:Number;

    function naikLevel()
    {
    jumlahAngka=jumlahAngka*10;
    angkaYangDitanyakan = generateAngka(jumlahAngka);
    keluarinWindowBwtJawab();
    }

    function keluarinWindowBwtJawab()
    {
    if(jawaban == angkaYangDitanyakan)
    {
    if(level<25)
    naikLevel();
    else
    tamat();
    }
    }

    function generateAngka(jumlahAngka:Number)
    {
    var angkaBaru:Number;
    angkaBaru = random(jumlahAngka);
    if(angkaBaru % 2 == 0)
    {
    angkaYangDitanyakan = angkaBaru;
    }
    else generateAngka(jumlahAngka);
    }

    naikLevel();

  26. 26 Ammar FS

    Ass.
    Sorry, alamat website untuk download shockwave flash programnya dimana?

    Kasih petunjuk ya?

    Makasih

  27. Wass.
    coba buka aja http://www.adobe.com

  28. 28 Ammar FS

    Ass… aku dah download, tapi nggak bisa langsung dijalanin.
    Cara sampai finish install bagaimana?
    Makasih

  29. 29 Ammar FS

    Ass… aku dah download, tapi nggak bisa langsung dijalanin.
    Cara sampai finish install ?
    Makasih

  30. Ass.Wr.Wb.
    Saya Sudah Baca Tinggal Bikinya Aja Gimana?
    Saya Baca Panjang Banget 9999999999999999999999999Jam

  31. Oh adobe flash cs3 action script 2.. hayo action script 3nya mana :> … sayang lho pakai adobe flash cs3 tapi masi as 2. :D

    Gamenya lucu cuma kontrolnya licin.

  32. 32 arief68

    Salam Knal. Sya lagi ada mslh nich.. ak adnya flash 8, kalo ada rekan2 yg punya master flash cs 3 email ke arif_sae68@yahoo.com. Ntar nego brapa ganti ongkos kirimnya

  33. 33 ardi

    thanks banget bro buat cara nya !!!

    tapi w masih bingung baget , klu bikin game flah tu bisa gak pake makromedia/ flash mx
    truss klu bisa bikin tutornya yach bro biar semua pada ngerti.

    soalnya jarang banget orang indonesia buat game tapi malah jadi user, maka dari itu mana tau tutor nya bisa jadi manfaat bagi yang suka ilmu

    thank baget buat ilmunya bro

  34. 34 Dzaky

    {dari pada gitu mending pada buka RPG MAKER XP AJA dan buat game sendiri deh COBAIN DEH!!!!! }^_^

  35. heh..thaks buat peljaran baru

  36. thanks bung….smg bermanfaat buat orang lain……

  37. 37 Anton sutisna

    woi k,lau mw blajar bikin game lo hrs pintar matematika,geofisika,bhsinggris,biologi
    dah lo musti kuliah dan u hrs menyukai itu semuanya k,alu u mw bs kuliah yg rajin
    dan tekun dan lo puyeng k,lau gk bljar keprogaman dan itu musti pk code dan pk inggris k,alu mw buat game itu lo punya imajinasi yg kuat dan pintar maen photoshop
    (itu untuk bikin gambarnya)
    u mw milih yg gambar atau keprogamanya
    tapi msh ada lg lo jd keprogamanya dan lo pastinya pintar mate dan ingris geofisikia dan bioglogi dan lo hrs menyambungkan kode itu supaya bs dimaenkan
    dan misalanya u dah bs bikin game
    u bs msk perusahan game
    nih nm perusahan gmae yg wa tau:EA Games,Marvel Ubisoft,Konami,Capcom,Bandai,Kingsoft

  38. 38 f4r!ed

    download flashnya dimana tuh????

  39. 39 Dins

    Ilmunya masih berat buat newbie seperti saya..

  40. iya dong…… lanjutin cara buat gamenya . . . . n km pake flask apa sih ???

  41. 41 Tigera Titan

    Apakah ada virusnya seperti fire game

  42. cara yang agak practis ada nggak

  43. 43 levi

    ane masih baru belajarnih alias masih pemula ada ga cara yang lebih gampang dan kagak ribet buat nya

  44. 44 alvi

    bacanya puyeng amat ada ga game yang di buat cuma dalam 1 hari???

  45. 45 jaya

    pasang cara buat game yang lain lagi ya!

  46. 46 mimie

    mas jika saya menggunakan shared object di windows vista, dimana ya saya boleh lihat fail .sol nya? mohon jawapan mas, ini penting dong…

  47. 47 acchy

    Keren BANGET KK~~!!! But sedikit informasi buat pengunjung blog KK yg mungkin kurang mengerti bisa melihat Cara Membuat Game Untuk Pemula yang Benar-Benar Pemula

  48. 48 aphen

    kalo flash cs4, cara buat motion guidenya gimana ya, g buat kok ga bisa-bisa

  49. 49 I WAYAN PUTRA YASA

    lihat code gamenya aja dah puyeng pa lagi buatnya. mas da gak cara buat game dengan lebih mudah?????

  50. walahhh-walahh…. Bisa Puyeng ampe mate ne….. lihat kode game nya…….

  51. trus programnya gimana om aku nga bisa caranya kasih tau yah kirim ke emailku aja ok………!!!!!!

  52. Ada yg lebih praktis gk??
    Skalian deh,apa link bwt download aplikasi pembuat flash’a..?

  53. 53 ilham

    Buat yang mau buat game 3 Dimensi dengan mudah, bisa anda download tutorialnya di http://pckuonline co.cc panduannya bagus untuk pemula yang ingin buat game sendiri.

  54. 54 fajri

    pengen bisa bikin game strategi kaya Ra2,age of empires,

  55. 55 hamzah

    klo…q g’ punya program flash_y…hrus dpt dri mna….pdhal q ingin bgt buat game….tolong ya..

  56. 56 WennedyYagami

    Padahal game na sederhana, tapi ribet n susah bgt ya buatna . .
    Mulai krg, hrus mghargai game2 murahn kykna, hehe :-)

  57. 57 Muhammad Jafar

    kq ssah ya
    saya g ngrti ActionScriptnya mas..
    klo buat animasi biasa g pke gituan hehe
    klo buat game hrus pke ActionScript ya mas??

  58. 58 Muhammad Jafar

    ada link download flash yng udah bagus g?
    klo bsa yng versi terbaru tpi g cacat….

  59. 59 asfa

    mas saya dapet script shared sebagai berikut

    stop();
    nama = “Nama Anda”;
    skor = random(10000);
    function simpanScore(score, player) {
    DataSkor = SharedObject.getLocal(“masukkanSkor”);
    if (!DataSkor.data.pemain) {
    DataSkor.data.pemain = new Array();
    DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:”None”});
    DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:”None”});
    DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:”None”});
    DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:”None”});
    DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:”None”});
    }
    DataSkor.data.pemain.push({skornya:score, namanya:player});
    DataSkor.flush();
    }

    yang saya mo tanya, klo saya ingin score saya masuk ke shared bukan secara random cranya gmna ya??

    contoh dari vriabel score saya adlh GameScore dan nama gamenya test0

    tolong dibantu yaaa…. :)

  60. 60 rebel

    ganti random dengan ap y??

    nama = “Nama Anda”;
    skor = random(10000);

  61. 61 astuko

    kalo aplikasi yang gampang di dapet dan mudah buat bikin gamenya apa?
    kasih tau donk?

  62. Wah banyak ya caranya…..
    klo buat gambar gimana?

  63. 63 wita

    Omnya, aku buta soal komp+bahasa pemrograman, trus klo kayak bahasa pemrograman yang pake kurung-kurung di atas itu di tulis di mana? Terimakasih sebelumnya

  64. 64 andhie cometz

    kak aq baru belajar flash, tlong ajarin biar handal kayak kakak dunkz…

  65. 65 muhammad jafar

    makasih mas saya brhsil…

  66. 66 zell

    wah, ud gk k urus lg ya ni web ny???

  67. 67 ahmad

    Kira-kira apa ya yang salah, tidak ada yang salah tapi benda tetap tidak dapat bergerak?

  68. 68 L

    mas saya pemula nih,bsa kasih tau selengkap lengkapnya ga?
    sayamasih gax ngeti yang bagian ini

    “#2 Bagian Menu

    Untuk tampilan menu awalnya buatlah judul game yang besar-besar…!!! buat juga tombol main dengan nama instance (lihat properties button) ‘btn_main’ (ini tombol untuk melanjutkan permainan) dan tombol keluar dengan nama instance ‘btn_keluar’ (ini tombol untuk keluar).

    Kemudian buat juga sebuah dynamic text dengan nama var ‘topsekorer’ (ini disediakan untuk menampilkan top scorer). Adapun untuk bisa menyimpan dan membaca data skor pada flash di komputer kita, kita perlu menggunakan fasilitas SharedObject (baca artikel Saya sebelumnya). misalkan nanti kita simpan 2 buah data di SO tersebut yaitu namaSO.data.nama untuk menyimpan nama dan namaSO.data.skor untuk menyimpan skor.”

    trus untuk gambarnya masukin di symbol yah?
    trus kalo gambarnya pake “.gif” bisa ga?

  69. 69 firhan

    kalau boleh tau
    flash 8/9 downloadnya dimana?

  70. thank atas infonya

  71. 71 Tica

    Jelek!nggak suka!

  72. 72 muhammad dawud ashari

    Dari mana mendapatkan flashnya?

  73. 73 muhammad dawud ashari

    Apakah di download lewat internet flashnya?

  74. mas mw tanya q kan nyoba buat geme seperti mas yang mas buat script nya udah q copy paste kan persis sama game yang mas buat tapi kok pada tombol keluarnya itu gak bisa exit terus efek ledakanya itu gak bisa ilang dari stage trus pada saat game over bom sama ikan ikannya itu gak ilang masih terus jalan dan yang terkhir saat selesai input nama bila di tekan tombok tidak dapat kembali ke stage menu tolong bantuannya ya…trims

  75. kk uda coba RPG maker vx ma xp belum ya?
    minta kasi tau setting script nya donk kalo uda cobain..
    tx.

  76. 76 bayuadi

    saya mau buat game…..

  77. kak tolongin donk……. cara bikin game kapasitas kecil yang rpg yang petualangan gitu pake program apa kirim ke email saya yahhhhhh plsss

  78. opsss lupa email ….. email saya ini hamdhani_ikhsan@yahoo.com.. bisa bantuin saya lewat hp gak minta no hp nya donk yang masih aktif

  79. pake soft apa buatna,,,,

  80. mas pake adobe fp 9 /fp 10mas kasi tau donk

  81. 81 ARSYA

    aduh panjang bgt…
    ampe pusing bacanya…
    yah, tapi infonya bagus juga…
    cuma saya bingung aja…
    oh, iya download flashnya dimana?
    Tolong kasih tau ya…
    Trimms…

    [GOOD LUCK!]

  82. anjing

  83. 83 dhestrika

    Wwaahh terxata susah jga ya mau berkreasi,,,
    setelah q bca dri semuax blum bikin ja puucing duluan…
    weehh…weehhh…
    tp q pingin bnget bisa…
    abang tolong bntu ya….
    buka flast x ndak mn..?????

  84. Katanya sudah diupdate tuh mas?
    saya ini sebenarnya deva tapi saya lagi log in diblog saya nih(lagin update blog)
    nama blognya http://bukuonlinedeva.wordpress.com/ !

  85. mas saya salah nulis login aja lagin :mrgreen: di komentar saya yang diatas :oops:

  86. 86 habibunnajah

    ss

  87. 87 Deva

    mas saya salah nulis nama tuh jadinya nama mas faisalman bakat ke-copy ! :oops: maafin saya ya.

  88. 88 Deva

    mohon delete commentnya !

  89. 89 Deva

    Gimana cara download adobe flash player 10 dan cara installnya biar mau kebuka flash player 10 nya ? kalo tau kirim mail ke deva.agung93@yahoo.co.id

  90. 90 indra abdurrahman wahid

    oh gitu ya. lha tapi itu buatnya dimana? kok kelihatanya ribet banget ya?

  91. Link Download Nya Mana Ya Nyari Nyari Ga Ketemu Temu ?

  92. 92 ahmad

    heyy gmn cr’a ,, singkat aj biar cpt gtu klo ky gtu mah kebnykan bs sakit neh mta sya ~~ add me ajj ~~
    ~~~ Ziviliai@yahoo.com ~~~

  93. 93 Dika

    gimana sih cara download flash 8/ flash 9?

  94. 94 Dika

    ^_^ tunggu secepatnya ya…. ^_^

  95. 95 Dika

    Kalo tau kirim ke cen_sah_pratama@ymail.com

  96. 96 Xdot

    buatkan aku game

  97. 97 aldy

    mas ajarin donk buat gamenya untuk pemula?

  98. 98 algam

    gan….. w pengen coba bikin game

  99. 99 sofian

    kayak kontol pun gak jelas caranya panjang amat
    sofiancheaters.blogspot.com

  100. 100 DanarCoBurn

    kak numpang tanya donk,,
    klw mw button untuk menutup aplikasinya scriptnya dikasih apa ya??

  101. Infonya bagus sekali…

  102. 102 daffa

    tq om,jadi juga gamennya.
    editan dari om.
    namannya bermain bersama linux
    intinnya ikan saya ubah jadi logo windows
    bom saya ubah jadi logo apple
    tapi highscorennya saya ilangin.
    tq ya om(thanks for you 4ever

  103. 103 Harry

    PROGRAM NYA ITU APAAN SICH……………

  104. 104 Terry Admaja

    cara load yg disave gimana?
    thx

  105. gan ane masih gk ngerti nih gan…..
    gimana caranya masukin tu kode??dimana??
    maklum gan orang baru…..hahahsa

  106. gan …..
    ane dah masukin *****btn_main.onPress = function(){ gotoAndStop(“permainan”)}****** ni script pada frame menu….
    tapi kenapa kok masih belum bisa di klik and masuk ke frame berikutnya???

  107. kk tolong tulis ulang dong semua action script

  108. salam kenal saya farhan umur 10tahun sukaaaa banget bikin game walaupun yg udah jd game baru game cacad itu juga lihat buku tapi aku cita – cita bisa bikin game 3d

  109. 109 Ratno Sutikno

    Jika 10 Tahun Mendatang Indonesia Menjadi Negara yang maju dalam ILMU Anda adalah 1 dari sekian juta orang-orang yang berjasa.

  110. berapajam buatnya gan

  111. 111 liana

    nak buat game kat mana???

  112. 112 liana

    cepat lah

  113. 113 Fikry the hacker

    GIMANA CARA DOWNLOAD ADOBE FLASH PLAYER 9

  114. cara bikin game gimana ya

  115. ternyata ribet yaa bikin game dikirain gampang apalagi bikingame yang kaya the sims aduh susah banget dehh

  116. 116 syahru

    di mana aplikasi untuk membuat nya apakah di power point atau di adobe flash flayer

  117. 117 syahru

    dimana download aplikasi membuat game nya kirim ke email ku ya jawab juga pertanya an aku tadi yaa email: syahruramadhan@rocketmail.com

  118. ka aku masih pusing dengan gimana cara membuat aplikasi game ini ..
    ka gimana cara bikin animasi game nya ka ??
    akkh pokkok nya mach ka susah untuk dii mengerti kata” nya

  119. Terima Kasih Kakak tutorialnyaa..
    izin dunlut yaaa

  120. 120 bagoes

    gmana buat saya yang ga punya basicnya gan ?
    apa bisa bkin game kya gtu ?

  121. males ane bacanya panjang amet meningan bikin cheat gampang .. !

  122. 122 freza000

    comen2 yg diatas banya yg ngeluh, hahaha makanya jangan jadi programer kalo gk mau otaknya pecah.
    thanks yaaa infonya mantap ni

  123. Bos saya belom bisa bikin game sama sekali
    saya pingin belajar mulai sekarang dari NOl

    Pertanyaan saya :

    1. apa saja yang harus kita persiapkan sebelum bikin game tersebut
    2. apa saja keperluannya.
    3. apa saja sofwer yang dibutuhkan.

    Permintaan :

    Postingin dong tatacara hasil Buatan saudara
    biar kita bsa tiru dan mengembangkan rasa keingintahuan saya.

    terimakasih.

  124. 124 Dwikii

    SUCCESS!!!!!!!
    akhirnya semalam ada gunanya thanx to this blog,,,
    THANKS GAN!!!!

  125. 125 opret

    gan ! ada yang nyontek isi web mu tu,ni alamat web nya http://hantuganteng.wordpress.com/2011/02/09/cara-buat-game-flash/

  126. 126 febryan

    layer itu pake aplikasi apa?

  127. 127 hanif

    itu mke software apaan…?

  128. wissss keren juga nichh


  1. 1 Ayo Buat Game Sendiri « {F4154LMAN}
  2. 2 Power Browser « Kumpulan buku Belajar
  3. 3 Power Browser « Kumpulan buku Belajar
  4. 4 Ayo Buat Game Sendiri « TipsTutorialWordpress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 178 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: