Metoda Optimasi Jaringan WAN

17Feb10

Definisi
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer dalam area yang luas (contohnya jaringan yang saling berkomunikasi antar wilayah metropolitan, regional, atau perbatasan negara). Atau secara mudahnya, yaitu sebuah jaringan yang menggunakan router dan sambungan komunikasi publik.

WAN optimization adalah upaya untuk mempercepat aplikasi dalam skala luas yang diakses oleh user-user yg terdistribusi, dengan mengeliminasi transmisi yang tidak diperlukan, mengelompokkan data pada level tertentu dalam local cache, melakukan compression, melakukan pemrioritasan pada data, dan mengefisienkan protocol.

WAN Optimizer tersebar pada kedua sisi koneksi WAN. Pada kebanyakan kasus, berada di belakang router WAN pada sisi LAN. Device tersebut mensetting application traffic yang ditujukan untuk WAN sehingga performa aplikasi yang melewati WAN dipercepat. Hasilnya adalah akselerasi WAN dan respon waktu aplikasi yang lebih cepat.

***

Alasan Utama Pentingnya Optimasi
Performa sebuah jaringan bagi network administrator merupakan hal yang sangat penting. Karena itu ketika performa jaringan mulai melambat atau bahkan seringkali gagal, tentu seharusnya segera ditindaklanjuti.

Dalam hal ini setidaknya seorang network administrator memiliki 2 solusi menyelesaikannya yaitu:
1. melakukan upgrade jaringan WAN, atau
2. melakukan optimasi jaringan WAN.

Untuk melihat solusi mana yang terbaik, tentu kita perlu membandingkannya dari beberapa sisi. Dari sisi biaya, pilihan pertama memerlukan ongkos yang lebih mahal karena perlu menambah kapasitas link dan mengganti perangkat yang kapasitasnya rendah. Sedangkan untuk pilihan kedua. Dari sisi penyelesaian masalah, pilihan pertama dalam jangka pendek merupakan solusi yang baik, namun untuk jangka panjang pilihan ini seringkali tidak menyelesaikan masalah, bahkan masalah yang sama dimungkin dapat terjadi kembali.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa meski pilihan pertama merupakan pilihan yang logis, namun pilihan kedua ternyata lebih efektif dari sisi cost, solusi untuk jangka panjang, dan lebih elegan.

***

Mekanisme dan Prinsip Kerja Optimasi Jaringan

1) Compression
Prinsip dasar compression pada produk WAN yaitu untuk merepresentasikan sebuah frame dari data menjadi lebih singkat dengan metoda algoritma compression tertentu untuk nantinya ditransmisikan melalui jaringan, hanya saja kompresi data ini terjadi hanya pada jalur WAN dan kemudian akan didekompress secara otomatis setelah terkirim, ini tentu akan menghemat space lebih pada jalur WAN untuk paket lain sehingga dapat membuat jaringan tersebut semakin efisien. Optimasi dengan metoda compression ini sangat cocok untuk jaringan dengan topologi point to point leased lines.

2) Caching
Mekanisme caching sangat diperlukan jika ada pengaksesan data atau site yang sama dari waktu ke waktu sehingga mengurangi pengiriman paket yang sama yang berulang ulang, karena caching server memiliki kemampuan untuk menyimpan informasi yang sering diminta.

Salah satu kekurangan caching adalah adanya resiko memberikan data yang tak update. Jika kita mengakses halaman cache saat ini, maka beresiko mendapatkan informasi yang salah dan sudah basi. Kebanyakan browser sebenarnya dapat melakukan mekanisme caching masing-masing. Banyak web server yang menyimpan time stamp dari update terakhir mereka, kemudian browser menggunakan salinan cache dari remote page setelah memeriksa time stamp tersebut.

3) Traffic Shaping
Application shaping, atau traffic shaping, atau bandwidth control adalah metoda yang mengoptimize bandwidth. Metode ini dapat membagi-bagi jalur WAN untuk bermacam aplikasi dimana jaringan dapat dikontrol dan pada akhirnya trafik yang penting mendapat bandwidth yang cukup.

4) Equalizing
Equalizing membuat penyesuaian dengan menambahkan latency pada data yang mempunyai prioritas rendah, sehingga data dengan prioritas yang lebih tinggi menerima bandwidth yang cukup. Aliran pada bandwidth dengan prioritas tinggi biasanya sedikit dan dapat diketahui oleh administrator. Aliran tersebut jarang muncul secara spontan, jadi sedikit lebih mudah untuk memberi pengecualian pada aliran aliran yang jarang seperti ini. Hal ini tentunya lebih mudah daripada mengklasifikasi setiap aliran pada jaringan setiap waktu.

5) Connection Limits
Prinsip kerjanya yaitu mencegah akses yang terhambat pada router dan akses point karena denial of service atau peer to peer. Cocok untuk wide open Internet access links, dapat juga digunakan untuk jalur WAN.

6) Simple Rate Limits
Simple rate limit adalah bentuk penggunaan bandwidth control yang paling umum dan luas digunakan. Simple rate limit membatasi kecepatan akses secara simpel, misalnya sebuah Internet Service Provider menjanjikan kepada para penggunanya “256 kbps up dan 256 kbps down”. Mencegah satu user mendapatkan lebih banyak dari sejumlah data.

7) Proxy
Proxy Server, yang bisa berupa komputer atau perangkat keras yang menjalankan proxy service, bekerja sebagai penengah antara user yang berada di jaringan internal, dan service yang berada di jaringan luar (biasanya Internet). Proxy server mengambil request dari user dan melakukannya untuk kepentingan user. Di sistem eksternal, request tersebut seolah olah datang dari proxy server, bukan dari user yang berada di jaringan internal.

***

~Secuil ringkasan dari tulisan lama hasil studi literatur saat kerja praktek Juni-Agustus 2008 yang saya simpan di bagian bab 3 dari makalahnya yang berjudul “OPTIMASI JARINGAN WAN MENGGUNAKAN PACKETEER PACKETSHAPER”,  hanya baru diblogkan sekarang :p~

Daftar Pustaka:
[1] http://en.wikipedia.org/wiki/Wide_Area_Network
[2] http://en.wikipedia.org/wiki/WAN_optimization
[3] http://www.netequalizer.com/bandwidthwhitepaper.php
[4] dll (Dan Lupa Lagidarimanaajapokonamahmendaktigoogleweh)

***

Posting terkait:
http://faisalman.wordpress.com/2008/06/15/kape-deh/
http://faisalman.wordpress.com/2008/07/15/foto2-eksklusif-sang-asisten/

About these ads


One Response to “Metoda Optimasi Jaringan WAN”

  1. 1 nia

    Terima kasih banyak atas postingannya..sangat membantu sekali untuk kerja praktik saya. Kalau boleh, saya ingin melihat file KP anda sehingga saya bisa melihat seperti apa metode yang anda lakukan disana. jika boleh mohon balas di email oktania57@gmail.com. terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 184 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: