Kompilasi C dengan GCC

Nggak tau kenapa, praktikum sistem komputer baru dimulai minggu-minggu belakangan ini padahal dari awal semester udah 3 bulanan lebih. Materi pertama dari praktikum ini adalah tentang bagaimana langkah-langkah kompilasi dari bahasa tingkat tinggi (dalam hal ini c) hingga didapat program executeable-nya. Di Lab-nya, compiler yang dipakai yaitu GCC (GNU C Compiler), OS yang digunakan linux dan windows.

 

Nginstall GCC-nya

Di linux, biasanya GCC sudah terinstall bersama-sama jadi tidak perlu install apa-apa lagi (cek dengan mengetikkan gcc -v di terminal). Jadi saya sih nyaraninnya pakailah linux biar bisa sekalian belajar πŸ™‚ *serius*. Linux kan distronya ada banyak tuh, enak. Unduh ISO-nya di ftp://ftp.itb.ac.id atau dimanapunlah (eh, psst… versi bajakannya linux itu legal lho πŸ˜€ ). Kl udah ada CDnya install langsung di komputer atau pake virtualisasi di windows, banyak juga yg bisa live CD, atau ada juga yang bisa jalan dari Flashdisk.

Untuk Windows, supaya kita bisa menjalankan GCC itu perlu pakai compiler khusus seperti Cygwin atau MinGW yang membuat command gcc bisa jalan di lingkungan windows. Tapi kata dosen, Cygwin itu bisa nyampe 3 Giga (walah, mending di linux aja kl gt mah). Jadi yang saya coba sekarang ini pakai Dev-cpp yang compilernya Mingw (bisa juga diport ke cygwin). Download aja installernya cuman 9MB. Soalnya klo latihannya cuman di konsol ngapain nginstal visual c++? Ngabisin hardisk aja πŸ˜€ lagian ini judulnya kan: β€œpakai GCC”.

Nah, supaya bisa keren kaya linux, kita harus bisa compile gcc dari konsolenya windows. yang pernah Saya coba caranya yaitu dengan mengeset path dari folder bin compilernya. Cara ngesetnya klik kanan My Computer > pilih properties > pindah ke tab advanced > klik environment variables > di system variables cari variabel β€˜path’ terus edit isinya > tambahin titik koma, terus path gcc-nya (misal yang saya pakai Dev-cpp dengan folder C:\Dev-Cpp\bin, lihat aja isinya ada command yg salah satunya gcc)

 

 

devcpp.jpg

 

Sekarang coba jalankan command prompt untuk menceknya. Klik start > run > ketik cmd > tekan enter. Terus coba ketik gcc – -version, kalau berhasil maka akan keluar keterangan tentang gcc di windows kita (wow! gcc di command prompt-nya windows)

 

gcc-vx.jpg

 

.

.

.

Bersambung, yg penting ngerjain laporannya dulu, deadline-nya bbrp jam lg… (sempet2nya nulis yg ky ginian… πŸ˜† )

Iklan

14 thoughts on “Kompilasi C dengan GCC

  1. Kalo komen pertama saya gak spam, berarti ada kemungkinan akismet bakal tidak mengenali komentar semacam itu sebagai spam di waktu yang lain. Tapi khusus untuk blog salman aja…

    He..he.. asyik dong…
    Nyepam lagi ah: πŸ˜›

    rpm -ivh --nodeps gcc-4.1.1-4pclos2007.i586.rpm

    Ayo pake PCLinuxOS! Ada versi Indonesianya juga lho.

  2. Wah, keren man dokumentasinya………….
    Sebagai calon engineer kan kita harus bagus dokumentasi, jadi ya gak papa lah kalo pas waktu mepet pun bikin tulisan kayak ginian………
    Pak Mervin berkata
    “Saya pernah bekerja di luar negeri dulu pas kuliah. Satu hari saya mengerjakan tugas di Lab, dan sisa hari kerjanya dalam seminggu itu saya membuat dokumentasi yang bagus di rumah”.
    Kalo gak salah gitu deh…………

  3. @MadRid
    tahpapa nyepam disini….
    komentar orang lama harusnya langsung lolos. ntah knp, khusus komen yg ini masuk moderasi.
    tapi demi memasyarakatkan linux, iya deh… saya approve komen ini πŸ˜›

    @Aisar
    pasti, Sar, keren bgt!

    @AQJ
    dari total 10 hari kerja, di labnya cuman 3 hari, sisa 7 harinya buat nulis TP ama laporan πŸ˜€

  4. Ada compiler C yang “katanya” lebih bagus, lebih hemat, dan lebih cepat. Namanya tinyCC. Boleh juga untuk coba-coba ketika praktikum.

    Salman sekarang aktif dimana aja? Masih setia membangun pustena?

  5. walah…walah….gooling “kompilasi GCC” eh, list pertama langsung nyambung ke blog mu kang!!! dikira salman mana…eh nyatanya …anak pustena juga (dunia sempit yah …)
    syukron ya tutorialnya, tak coba ntar dirumah ah…tapi mohon izin blog ini ku jadikan rujukan flash project iyam yah

  6. @3aji
    biasa di kampus aja πŸ˜‰ … sejak pustena hilang sekre 😦 jd ga aktif lagi

    @maryam
    hebat bener berarti WP ini (apa artikelnya?) sampai bisa nyasar ke sini πŸ˜€
    iya sama2, mudah2an bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s