Kumpulan Windows Freeware #1

Halaman ini saya sediakan bagi para pecinta software gratisan.. meskipun gratisan, kualitasnya tidak kalah dengan software berbayar, beberapa diantaranya bahkan jauh lebih baik… atau setidaknya ya alternatif saja lah. Dan karena ini hanya pilihan Saya, jadi semua software yang ada di list ini bukan berarti yang terbaik untuk Anda hehehe…

# Antivirus & Security

Virus, Trojan, worm, atau apalah namanya, sudah sering menempel di jendela (baca:windows) kita.. mengesalkan karena membuat kerja komputer jadi lambat dan yang paling parah adalah kalau hilangnya data2 penting kita.. kalau itu sampai terjadi, semoga orang yang membuat virus itu mendapat ganjaran yang setimpal eh, hidayah supaya sadarโ€ฆ lebih baik buat program yang manfaat daripada buat virus.

Back to topic, antivirus terbaik adalah antivirus yang ringan di memori, ampuh mendeteksi makhluk2 bertampang kriminal, dan tentunya gratis! Rekomendasi pertama saya adalah PCMAV. Biar berat makenya, Antivirus terkenal buatan majalah PC Media ini tidak diragukan lagi kemampuannya bisa ditambah plugin ClamAV, hampir semua virus yang beredar di sekitar kita mampu dibabatnya.. hanya saya belum menemukan website donlot resminya.. dimana ya? (apa dia cuman diedarin di majalah aja ๐Ÿ˜• ). Ok, List berikutnya adalah Ansav. Sebagai antivirus lokal Ansav ini fasilitasnya terbilang canggih, virus2 aneh di komputer saya bisa dikenali, sifatnya yang fleksibel karena meski portable ternyata bisa diinstall juga, selain itu ditambah ada pluginsnya. wow! highly recommended lah..

Untuk antivirus umum, ada AVG free edition. Ini antivirus gratisan yang dipakai di kampus, jadi gampang nyari updateannya hehehe.. list berikutnya adalah Avira Antivir Personal Edition, Avast Home Edition, dan ClamWinAV yang portable. Saya tidak tahu mana yang paling ampuh, silahkan coba sendiri ๐Ÿ˜€

PCMAV [virusindonesia.com | 1,5 MB | download PCMAV 1 RC24]

Ansav [www.ansav.com | 640 KB | download Ansav]

AVG Free [www.grisoft.com | 31,5 MB | download AVG Free]

Avira Antivir Personal Edition [www.free-av.com| 17 MB | download Avira Antivir PE]

Avast Home Edition [www.avast.com | 18 MB | download Avast Home]

ClamWinAV Portable [portableapps.com| 6 MB | download ClamAV Portable]

 

# Archiver & Compressor

Sebagian besar file di internet didistribusikan dalam format terkompres seperti .zip, .rar, .tar.gz dan semacamnya.. mengapa? Selain hemat ukuran juga hemat file, misalkan suatu hari kita download 1 file zip 10MB ternyata isinya bisa ratusan file dengan total 25MB. keren kan?

Di dunia penuh jendela ini dulu saya pernah mengenal kompresor bernama Winzip, yang mengesalkannya setiap kali membuka file zip selalu keluar peringatan ini itu.. arrgh! untungnya sekarang banyak alternatif gratisan yang lebih bagus โ€“dan tidak disertai annoying message. Sejauh yang saya pernah coba, IZArc yang paling bagus. Puluhan format file kompresi dapat ditanganinya, bahkan file image CD/DVD juga. Segera ganti WinZip dan WinRAR anda dengan IZArc, 7-Zip, KGBArchiver, ZipGenius, dll.

– IZArc [www.izarc.org | 3,6 MB | download IZArc]

– 7-Zip Portable [portableapps.com| 1,1 MB | download 7Zip Portable]

– KGBArchiver [kgbarchiver.net | 1,02 MB | download KGBArchiver]

# Browser Web

Rekomendasi pertama dari saya untuk internet browser adalah Mozilla Firefox. yang bagus dari Firefox selain simple adalah fitur add-ons-nya (seperti plugin) sehingga bisa kita tambah fitur2nya sakahayang urang. dan lagi bagusnya karena dia open source ada versi portablenya juga, wah ini sangat bermanfaat untuk yang suka browsing internet tanpa tempat tetap. Tinggal simpan PortableFirefox di flashdisk maka dimanapun kita online, settingan browser akan tetap sama, sesuai selera kita tentunya.. yeah. Pilihan kedua saya adalah Opera, dalam taglinenya dia mengklaim sebagai ‘The coolest, fastest, and most secure free Web browser‘ wow. selain tampilannya stylish juga fitur-fiturnya bagus, salah satunya ada download manager yg terintegrasi. Saya sendiri sih tidak tahu bagusan mana Opera dibandingkan Firefox.

Hmm… bagaimana dengan Internet Explorer? ada pepatah mengatakan, dimana ada Windows disitu ada IE. Jadi saya kira tidak masalah.. hanya salah satu yang tidak saya suka dari browser ini dulu adalah tidak adanya fitur tabbed browsing, padahal ini sangat penting loh. Tapi sebelum saya komplain (halah), akhirnya dia nyadar juga dan di versi IE7 ditambahkanlah fitur baru.

Bagi yang ingin browser rasa strawberry eh,, Apple ๐Ÿ˜› di Windows sudah ada Safari yang umumnya hanya ditemukan di Mac. Kemudian untuk yang suka bermain web 2.0 seperti blogging atau social networking, ada browser khusus namanya Flock. Selain itu yaa masih banyak lagi lah cuman sayanya aja yang gak tahu hehe.. Nggak ada salahnya sih nyoba-nyoba beberapa browser lain, siapa tahu malah justru lebih merenah dengan keinginan kita.

Mozilla Firefox [http://www.mozilla.com/firefox/]

FirefoxPortable [http://portableapps.com/apps/internet/firefox_portable]

– Opera [http://www.opera.com/download/]

Internet Explorer [http://www.microsoft.com/windows/downloads/ie]

Safari [http://www.apple.com/safari/download/]

Flock [http://www.flock.com/]

# Desktop Search

Harddisk zaman sekarang, isinya ratusan Giga sudah dianggap biasa (setidaknya begitulah yang terjadi di harddisk saya). Kalau mau cari file dengan search default dari windows sangat (sangat!) lambat dan bisa jadi hasilnya tidak relevan dengan keinginan kita (padahal udah nungguin lama ๐Ÿ˜ฅ ). Untuk urusan seperti ini, desktop search benar-benar memudahkan (meskipun di awal2 agak lambat, soalnya dia juga butuh ngindeks).

Yang paling pertama saya coba namanya google desktop search. Cara searchnya sama seperti di webnya, tampilan hasilnya juga hanya yang dia indeks itu isi harddisk kita. Lumayan lah daripada search pake windows, eh tapi ternyata Yahoo! desktop search lebih bagus lagi.. selain nyarinya lebih cepat, realtime ga pake lama, juga bisa liat preview dokumen-dokumen (jauh lebih efisien daripada cara konvensional).

Google Desktop Search [desktop.google.com | 1,74 MB | download]

Yahoo! Desktop Search [desktop.yahoo.com | 14 MB | download]

.

.

.

bersambung.. artikel ini masih belum selesai ๐Ÿ˜ฆ

silakan kalau ada yang punya pendapat sendirir atawa ga setuju ataw mau nambahin…

btw, kalau nyari bajakan bukan disini tempatnya, cari sana di situs yang banyak sharing file2nya semacam di RapidShare dan kawan-kawan. 8)

Iklan

9 thoughts on “Kumpulan Windows Freeware #1

  1. zaman sekarang mah gak ada lagi kayaknya yang mampu bikin virus.
    kebanyakan sekararang tuh trojan.
    keduanya tuh berbeda tipenya. kalo virus tuh menginfeksi file induk kalo trojan itu menyamar jadi suatu file.
    .
    kenapa virus gak ada lagi? soalnya bikinnya susah. harus ngerti struktur file, assembly, dll dsb.
    sedangkan kalau trojan ma gampang. tinggal cari development kitnya. 1 menit juga jadi.
    tinggal milih iconnya ma jadi folder, doc, atau zip ama alamat ip tuk notifikasi remote desktop kalo komputer dah kena serang.
    .
    cara gampang menanggulangi trojan cuman lihat ekstensinya doang typenya .exe atau .scr gak?
    dan ngehapusnya tinggal di masuki tong sampaha doang.
    beda ama virus, harus dicongkel dari tubuh file induknya pake program antivirus.

  2. @yumcatz #1
    terima kasih penjelasannya,
    bedanya virus ama trojan masih jarang-jarang orang yang tahu dan peduli…

    @yumcatz #2
    bener, buat jadi tulisan di blogmu (sebelum saya bajak nih ๐Ÿ˜€ bagus idenya)

    @4rizzan
    yaaaaa tunggu aja..

  3. Mas .. sedikit request… software pengolah images dunk… yang bagus dan efisien…
    mukacih yach…
    besok2 tak lihat lagi halaman ini… liat requestku dah di liput lum… He.. ๐Ÿ™‚

  4. @Tedy Winanto
    ๐Ÿ˜• hmm… software pengolah grafis yah? yang raster-based apa vector-based?
    – pengolah raster graphics paling bagus kayanya masih adobe photoshop deh.. alternatif gratisannya biasanya theGIMP, ada versi portablenya namanyaGIMP Portable, ada juga versi mirip photoshopnya namanya GIMPshop
    – pengolah vektor graphics paling bagus mungkin adobe illustrator, alternatif gratisannya biasanya Inkscape.

    hahah.. sotoy saya ๐Ÿ˜›

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s