Instant Messenger Di Jaringan ITB

Minggu kemaren baca koran hari apa gitu, yang sumbernya klo gak salah dari sini: http://www.itb.ac.id/news/2069 (aneh juga tuh koran milih beritanya, cuman penting bwt mhs sini aja kyknya 😆 ). Di rileks juga ada thread yg bahas ini, cuman gak terlalu jelas. Jadi intinya di ITB sedang dikembangkan sebuah layanan baru berupa sebuah server untuk IM (chatting gitulah) di im.itb.ac.id yang loginnya sama dengan akun AI3 masing2 (dan pastinya sama dengan email students masing2, semua juga punya kan?). Jadi kalau misalkan saya punya akun email di faisalman@students.itb.ac.id maka saya bakal punya akun juga untuk IM di faisalman@im.itb.ac.id, hebatnya lagi ternyata biar AI3 lagi expire (gak diperpanjang, lg males beli vouchernya >_< ), ternyata saya tetep bisa login hehe.. hore..

Yah, setidaknya ada 2 cara untuk masuknya ke IM ini, pertama lewat webnya http://im.itb.ac.id, masukin user sama passwd AI3/students.

asyiknya disini bisa ngesearch nama atau username, misalkan nyari usernamenya Aep :

yeah ketemu nih, tinggal di-add ke contact list, jadi kalau sama2 online keliatan (^^)V.

cara berikutnya bisa pake software bwt IM kayak Pidgin dan semacamnya. settingannya juga sederhana: buat sebuah akun login dengan protocol XMPP, terus diset domainnya ke im.itb.ac.id, terus username sama passwdnya sama seperti akun AI3/students masing2.

wow keren ya, tapi sayangnya… kosong !!! gak ada seorangpun yg online !!! (eh emang sayanya yg belum nge-add siapa2 sih :P, tapi emang ada gitu yg ol?). Trendnya sekarang jelas lebih milih IM pake yahoo. Secara paling banyak yg online gitu 😀 terus juga ym kan tetep bisa jalan tanpa proxy, (selama ini lancar2 aja ym-an pake pidgin tanpa make AI3, soalnya lg expire belum diperpanjang udah brapa bulan ini.. hehe..).

Asyiknya si Pidgin ini selain ada versi portablenya (bisa dibawa2 di flashdisk) dia juga bisa multiple login, online di banyak IM sekaligus semisal ym, gtalk, icq, atau xmpp (yg dipake sama im.itb ini) secara bersamaan. yah siapa tau ke depannya banyak yg online dengan cara gini, setidaknya saya bisa hemat waktu dan SMS :P.

Kasih semangatlah (kalo gak mau ngasi duit) untuk developernya, biar ditambahin terus nih layanannya :mrgreen:

** nggak kerasa udah sebulan blog ini nggak diupdate 😯 **

Iklan

2 thoughts on “Instant Messenger Di Jaringan ITB

  1. Yup, betul kang salman. Pidgin ini enak bgt, ga jauh lah sm YM. Cm ga ada audible. Pidgin akan sangat berguna buat orang yg punya akun banyak, buat yg jail 👿 sama buat orang yg diserahi jd moderator atau “pengasuh” YM, tapi dia jg pengen YMnya online *ngalamin*. Siip. Nuhun elmunya kang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s