Menyisipkan Video Eksternal Pada Flash Menggunakan Component FLVPlayback

Untuk menjalankan file video dari dalam sebuah Flash movie kita dapat memanfaatkan component (sebuah predefined movieclip package) yang bernama FLVPlayback. Diantara kelebihan menjalankan video menggunakan objek dari component FLVPlayback ini antara lain sudah tersedianya fitur-fitur dasar yang umum ada pada video player (seperti tombol play/pause, tombol stop, tombol mute, volume bar, seek bar), memiliki koleksi tampilan skin yang dapat diubah sesuai keinginan, objek video dapat digeser dengan mudah pada stage saat authoring mode, dan dengan menggunakan component ini kita menjaga file SWF tetap berukuran kecil karena video dijalankan secara dinamis dari file eksternal yang bertipe FLV. Jika format file video yang kita miliki berbeda, kita dapat mengconvertnya menjadi FLV dengan software Flash Video Encoder yang biasanya sudah terinstall bersama dengan Flash.

Langkah-langkah selanjutnya:

– Buat sebuah file Flash dengan nama (misalkan) “Video.fla”

– Untuk menambahkan objek video, buka panel components (pada workspace normal biasanya ada di sidebar sebelah kanan), jika panel tersebut belum tersedia klik menu Window > Components.

– Pada panel components default, diantara sekian banyak component predefined lain, FLVPlayback terdapat di dalam tree Video components. Drag FLVPlayback ke tengah stage sehingga menjadi berbentuk sebuah kotak dengan player control di bawahnya.

– Klik objek FLVPlayback yang ada di stage tadi, kemudian klik menu Window > Properties > Parameters untuk memunculkan panel parameter dari component.

– Salah satu parameter dari component FLVPlayback yang mendefinisikan source file FLV yang akan dijalankan adalah parameter contentPath, klik pada kolom sebelah kanan parameter tersebut kemudian isikan dengan path menuju nama file FLV yang kita sediakan (kalau disimpan sefolder dengan file FLA-nya maka cukup tuliskan nama file FLVnya, misalkan “flashvideo.flv”).

– Terakhir, lakukan Test Movie untuk melihat preview hasilnya

Pada gambaran video player di atas kita hanya melihat tombol play, seek bar, dan tombol mute. Ini adalah fitur minimal, karena FLVPlayback memiliki banyak template skin lain yang lebih lengkap. Ketika memilih skin maka akan muncul file SWF dari skin yang kita gunakan, sebagai contoh diatas setelah dilakukan test movie maka pada folder tempat kita menyimpan file FLA dan FLV tadi, selain muncul file “Video.swf” muncul pula “SteelExternalPlaySeekMute.swf”. Untuk memilih-milih skin kita dapat melakukannya dengan mengubah parameter skin pada panel parameters, untuk parameter-parameter lain silakan pelajari aja lewat dokumentasi manualnya. 😉

Iklan

14 thoughts on “Menyisipkan Video Eksternal Pada Flash Menggunakan Component FLVPlayback

  1. Mas Faisal, semua materi yg bida di donlod (*.fla) pake macromedia flash 8.0 ya? soalnya aku buka pake mx 2004 unexpected file format. hiksssssss……….. padahal aku mau belajar…. :((

  2. mas fais. . .
    saya gie dpt tugas buat cd pembelajaran…
    gmn caranya ngelink video tu,,apa mezti harus diconverter dulu ke format swf…?
    baiknya gmn?
    thank’s…

  3. tengkyu mas fais..all, atas bagi-bagi elmunya, semoga dapat pahala yang banyak, kalo ada elmu-elmu yang jarang diketahui bisa di share lagi.. he..he..he..maklum haus elmu….

  4. Kak fais.
    Aku dapet tugas akhir sekolah dsuruh buat cd pembelajaran.
    Aku bingung.a itu cara bikin LINK menuju video pembelajaran itu gmn ya kak ?
    Terimakasih

  5. mksudnya
    (kalau disimpan sefolder dengan file FLA-nya maka cukup tuliskan nama file FLVnya, misalkan “flashvideo.flv”)
    nulisnya flashvideo.flv di sebelah mana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s