Load External JPGs dengan Method loadMovie()

Menampilkan file gambar di Flash dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satu diantaranya dengan me-load file-file berupa JPG dari luar SWF menggunakan method loadMovie(a,b) [dengan: a = URL source, b = destination Movieclip]. Cara ini memiliki kelebihan manakala file gambar banyak dan ukuran filenya besar, karena file gambar akan diload sesuai jumlah permintaan sehingga tidak terlalu membebani resources komputer dibandingkan dengan mengimport semua file gambar dalam satu file flash.

Format file gambar yang dapat diload secara dinamis pada flash diantaranya JPG, PNG, dan GIF.  Ketiga format tersebut memiliki kelebihannya masing-masing, mana yang akan kita gunakan disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai contoh disini saya membuatkan tutorial untuk membuat sebuah galeri sederhana dengan langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:

– Siapkan 4 buah file gambar dengan ukuran 400×250 pixel. Karena pada contoh ini yang digunakan adalah gambar daun dengan format file JPG, maka kita berikan nama “daun1.jpg”, “daun2.jpg”, “daun3.jpg”, “daun4.jpg”.

4 File JPG yg akan diload

– Buat sebuah file Flash baru dengan fitur ActionScript 2.0
– Save file flash yang akan di buat pada folder yang sama dengan folder berisi gambar sebelumnya
– Dengan menggunakan Rectangle Tool, buatlah sebuah kotak di tengah-tengah stage
– Klik kotak tersebut, kemudian pada bagian properties ubah ukuran width menjadi 400px dan height menjadi 250px
– Klik kanan pada kotak, pilih menu Convert To Symbol
– Pilih tipe symbol sebagai Movieclip
– Berikan instance name “kotak_mc” pada bagian properties dari movieclip
– Buka library yang berisi berbagai macam predefined button (Window > Common Libraries > Buttons)
– Pilih salah satu bentuk button untuk ditaruh di bagian kanan dan kiri kotak, drag tombol dari library ke stage. Simpan di bagian kiri dan kanan kotak movieclip.
– Berikan instance name “kiri_btn” untuk tombol yang ada di sebelah kiri kotak, dan “kanan_btn” untuk tombol sebelah kanan

Dynamic text dengan instance name "tulisan_txt"

– Dengan menggunakan Text Tool, buatlah sebuah dynamic text di bagian bawah kotak, berikan instance name “tulisan_txt”
– Buat layer baru di atas layer pertama khusus untuk menyimpan script (Insert > Timeline > Layer)
– Klik kanan pada frame pertama pada layer baru tersebut, pilih menu Actions
– Berikan script berikut:

var url:String="daun1.jpg";
var i:Number=1;
var maks:Number=4;
var teks:String="Gambar ke-1 dari 4";

function loadGambar()
{
	url="daun"+i+".jpg";
	teks="Gambar ke-"+i+" dari"+maks;
	loadMovie(url,kotak_mc);
	tulisan_txt.text=teks;
}
loadGambar();

kanan_btn.onPress = function()
{
	i+=1;
	if(i==maks+1)i=1;
	loadGambar();
}

kiri_btn.onPress = function()
{
	i-=1;
	if(i==0)i=maks;
	loadGambar();
}

– Lihat preview flash movie yang dibuat dengan test movie (Control > Test Movie)
– Dengan ukuran file SWF yang hanya 1 KB, kita dapat menampilkan seberapa pun banyaknya gambar secara instan.. 😀

Tampilan akhir

Tutorial ini diadaptasi dari salah satu artikel tabloid PC-Mild edisi 16/2009, File FLA+SWF+JPG dari tutorial di atas dapat diunduh di http://tinyurl.com/F4154LMAN-loadExtImg

Selamat mempelajari, tunggu saya di artikel berikutnya.. 😉

Iklan

9 thoughts on “Load External JPGs dengan Method loadMovie()

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s