Menuju Sistem Telemonitoring Kesehatan yang Ubiquitous

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat saat ini memungkinkan pelayanan kesehatan dilakukan secara elektronik. Salah satu diantara aplikasinya adalah berupa sistem monitoring kesehatan pasien dari jarak jauh yang diistilahkan dengan  sistem telemonitoring, remote patient monitoring, atau wireless patient monitoring.

The American Telemedicine Association mendefinisikan telemonitoring sebagai proses penggunaan audio, video, dan teknologi pengolahan informasi elektronik atau telekomunikasi lainnya untuk memantau status kesehatan pasien dari jarak jauh. Sedangkan The Medical Dictionary Online mendefinisikan telemonitoring sebagai sebuah pengukuran secara terus menerus atau periodik terhadap proses fisiologis dari pasien seperti tekanan darah, denyut jantung, dan tingkat respirasi.

remote

Gambar 1. Remote Patient Monitoring System (Devaraj, 2012)

Dengan diterapkannya sistem telemonitoring ini maka status kesehatan pasien dapat dilakukan tanpa pasien perlu berada di rumah sakit. Di sisi lain dokter yang menangani pasien pun dapat melakukan monitoring atas kondisi pasien secara realtime tanpa perlu melakukan kunjungan ke lokasi dimana pasien berada sehingga penanganan pasien dapat dilakukan dengan lebih efisien. Sistem telemonitoring pada umumnya memiliki alerting system dimana ketika data monitoring pasien melalui batas tertentu maka secara otomatis sistem akan mengirimkan informasi kepada dokter sehingga penanganan pasien dapat diketahui dengan cepat.

Konsep telemonitoring saat ini telah berkembang dari sistem klasik yang bersifat hospital-centric menjadi ubiquitous yang bersifat user-centric. Ubiquitous healthcare merupakan suatu istilah bagi teknologi yang menggunakan banyak sensor dan aktuator untuk melakukan monitoring dan membuat kondisi fisik dan mental pasien menjadi lebih baik. Penggabungan berbagai teknologi dan teknik yang memfasilitasi remote health monitoring namun dengan tetap memberikan ruang mobilitas bagi pasien secara independen diistilahkan sebagai Ubiquitous Health Telemonitoring System (UHTS).

Sensor-sensor kecil dirancang untuk mengambil informasi mengenai kondisi pasien seperti suhu tubuh, detak jantung, tekanan darah, pernafasan, dan berbagai macam karakteristik lain yang dapat digunakan untuk mendiagnosa masalah kesehatan, dimana sensor-sensor ini dipasang atau diimplant pada tubuh pasien. Sedangkan aktuator berfungsi untuk melakukan tindakan semisal memberikan sejumlah obat ke dalam darah pasien, memberikan stimulasi elektrik pada otak, dan sebagainya. Sensor-sensor yang dipasang pada pasien ini terhubung dalam suatu jaringan yang diistilahkan dengan Wireless Sensor Network (WSN) atau Body Area Network (BAN).

(Bersambung.. (hingga waktu yang belum ditentukan.. haha)).


Referensi:

  • Brown, Ian., Adams, Andrew A., “The Ethical Challenges of Ubiquitous Healthcare”, International Review of Information Ethics, vol. 8, 2007.
  • Devaraj, Sujitha Juliet., Ezra, Kirubakaran., “Current Trends And Future Challenges In Wireless Telemedicine System”, 3rd International Conference on Electronics Computer Technology (ICECT), 2011.
  • Kobayashi, Vladimer., Maret, Pierre., Muhlenbach, Fabrice., and Lherisson, Pierre-Reńe., “Integration and Evolution of Data Mining Models in Ubiquitous Health Telemonitoring Systems”, International Conference on Mobile and Ubiquitous Systems, 2013.
  • Pawar, Pravin., Jones, Val., Beijnum, Bert-Jan F. van., Hermens, Hermie., “A Framework For The Comparison Of Mobile Patient Monitoring Systems”, Journal of Biomedical Informatics, vol. 45, 2012.
Iklan

2 thoughts on “Menuju Sistem Telemonitoring Kesehatan yang Ubiquitous

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s